Optimalisasi Sikap Wawasan Kebangsaan Peserta Didik Melalui Pendidikan Kewarganegaraan

Authors

  • Indah Fitri Cahyani UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
  • Novia Wahyu Wardhani UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkn.v9i1.y2022.p36-44

Abstract

Abstrak

Adanya pengaruh perkembangan arus globalisasi berdampak pada menurunya semangat kebangsaan pada peserta didik. Hal ini menekan adanya suatu upaya yang dilakukan untuk mengoptimalisasikan semangat wawasan kebangsaan. Melalui pendidikan kewarganegaraan diharapkan mampu meningkatkan semangat wawasan kebangsaan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman serta pengetahuan peserta didik serta upaya optimalisasi yang dapat dilakukan terhadap wawasan kebangsaan Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini yakni berupa penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Kemudian teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pengetahuan dan semangat wawasan kebangsaan peserta didik beragam sesuai dengan pribadi masing-masing.

Kata-kata kunci: wawasan kebangsaan, peserta didik, pendidikan kewarganegaraan

References

Putri, S.B., & Dewi, D.A. (2021). Reaktualisasi pendidikan kewarganegaraan bagi generasi milenial. Jurnal pendidikan dan konseling. 3(2), 42-49.

Amelia, R.F., & Dewi, D.A. (2021). Pentingnya pendidikan kewarganegaraan dalam meminimalisir pengaruh globalisasi terhadap karakter cinta tanah air pada siswa SMAN 1 Majalaya. Ensiklopedia of journal. 3(3).

Widodo, B. (2019). Membangun wawasan kebangsaan yang religious demi mewujudkan integrasi nasional melalui pendidikan kewarganegaraan. Jurnal pancasila dan kewarganegaraan. 4(3), 13-24.

Rendraputri, R.V., & Dewi, D.A. (2021). Pentingnya pendidikan kewarganegaraan untuk membangun karakter anak dimasa pandemi covid-19. Harmony. 6(2).

Suargana, L., & Dewi, D.A. (2021). Implementasi nilai-nilai pancasila dalam wawasan kebangsaan diera globalisasi. Jurnal global citizen. X(2).

Dewi, R.R., Suresman. E., & Suabuana. C. (2020). Journal of social science and education. 1(2), 71-84.

Febriyanti, N., & Dewi, D.A. (2021). Pengembangan nilai moral peserta didik dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Jurnal kewarganegaraan. 5(2).

Zulfikar, M.F., & Dewi, D.A. (2021). Pentingnya pendidikan kewarganegaraan untuk membangun karakter bangsa. Jurnal PEKAN. 6(1).

Alvira, S., Furnamasari, Y.F., & Dewi, D.A. Pentingnya pendidikan kewarganegaraan bagi generasi muda sebagai agent of change. Jurnal pendidikan tambusai. 5(3), 9201-9207.

Pertiwi, P.I., & Dewi, D.A. ( 2021). Pentingnya pendidikan kewarganegaraan untuk membangun karakter warga negara Indonesia. Jurnal penelitian ilmu sosial. 1(12), 1-6.

Seprina, I.,& Yulianingsih, E. (2022). Sistem informasi penerimaan calon peserta didik baaru di SMK Negeri Muara Kuang berbasis web. Jurnal informatika. 08(01).

Utami, R.A.B., & Sari, M.M.K. (2021). Tingkat pengetahuan wawasan kebangsaan Pembina pramuka disurabaya. Kajian moral dan kewarganegaraan. 9(2).

Widayanti, W.K.P., Armawi, A., & Andayani, B. (2018). Wawasan Kebangsaan Siswa Sekolah Menengah Atas Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa (Studi Pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Umum Dan Berasrama Berwawasan Nusantara, SMA Umum Di Lingkungan Militer Dan Umum Diluar Lingkungan Militer Di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah). Jurnal ketahanan nasional. 24(1), 1-6.

Saragih, E.S. (2018). Pendidikan agama Kristen berbasis karakter wawasan kebangsaan. Jurnal teknologiâ€cultivationâ€. 2(2), 399-411.

Wiratmaja, I.N., Suacana, I.W.G., & Sudana, I.W. (2021). Penggalian nilai-nilai pancasila berbasis kearifan lokal bali dalam rangka penguatan wawasan kebangsaan. Jurnal politik dan pemerintahan. 1(1), 43-52.

Downloads

Published

2022-07-20

How to Cite

Cahyani, I. F., & Wardhani, N. W. (2022). Optimalisasi Sikap Wawasan Kebangsaan Peserta Didik Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(1), 36–44. https://doi.org/10.32493/jpkn.v9i1.y2022.p36-44