Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Jiwa Kepemimpinan Peserta Didik

Authors

  • sk sasmita Universitas Pamulang
  • Endang Prastini Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkn.v10i1.y2023.p16-25

Abstract

Beberapa sekolah telah menerapkan dan mengimplementasikan program yang mengarah kearah sana seperti kegiatan pembiasaan, sholat duha, tadarus/literasi dan lain-lain. Dari latar belakang pemikiran inilah, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Jiwa Kepemimpinan Peserta Didik di SMP Perguruan Cikin, Jakarta Pusat. Untuk mendapatkan data yang valid dan kredibel maka peneliti mengambil narasumber utama yakni kepala sekolah dan narasumber penunjang yang benar-benar bersentuhan langsung dengan peserta didik, seperti wali kelas dan guru BK (Bimbingan dan Konseling). Tidak hanya itu peneliti juga melibatkan guru-guru yang lain manakala belum menemukan kepuasan dalam memperoleh informasi yang diinginkan. Sedangkan tujuanya penelitian ini adalah untuk mengetahui jiwa kepemimpinan peserta didik dalam mempersiapkan pemimpim masa depan. Jenis penlitian menggunakan pendekatan kualitatif, studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil dan temuan adalah pentingnya peran kepala sekolah dalam membentuk jiwa kepemimpinan peserta didik di sekolah, disebabkan adanya pergeseran norma. Adapun luaran yang diharapkan dari penelitian ini adalah artikel jurnal ilmiah. Selain itu, hasil penelitian ini bisa menjadi suatu studi sebagai kajian pustaka dalam mengkaji peran pemimpin di masyarakat.

References

Humaniora, 3(2, Oktober), 33-42.

Darma Kusuma. (2011) Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung:PT

Rosdakarya. Administrasi Pendidikan, 92.

H.M Arifin, Kapita Selekta Pendidikan ( Jakarta: Bumi Aksara, 2000), 106.

Joker, J., Bartjan, Pennink, & Wahyuni, S. (2011). Metodologi Penelitian: Panduan Untuk Master dan Ph. D. di Bidang Manajemen. Jakarta: Arlita Rozana.

Kemandikbud. (2017). Peta Jalan Penguatan pendidikan karakter.

Komalasari, K., & Saripudin, D. (2017). Pendidikan Karakter, Konsep dan Aplikasi Living Values Education. (R. Aditama, Ed.). Bandung.

Komara, E. (2018). Penguatan pendidikan karakter dan pembelajaran abad 21. Sipatahoenan, 4(1).

Downloads

Published

2023-05-30

How to Cite

sasmita, sk, & Prastini, E. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Jiwa Kepemimpinan Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(1), 16–25. https://doi.org/10.32493/jpkn.v10i1.y2023.p16-25