MEMBANGUN KEMANDIRIAN SISWA DALAM BELAJAR MENUJU MASYARAKAT GOOD CITIZENSHIP

Authors

  • Mas Fierna Janvierna Lusie Putri Universitas Pamulang
  • Sri Utaminingsih Universitas Pamulang
  • R Dede Siswandi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkn.v10i1.y2023.p35-43

Keywords:

Kemandirian, Belajar, Masyarakat Good Citizenship

Abstract

Seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan, seseorang akan belajar untuk mandiri. kemandirian adalah kemampuan remaja dalam berpikir, merasakan dan membuat keputusan secara pribadi berdasarkan diri sendiri dibandingkan mengikuti apa yang orang lain percayai. Membangun kemandirian siswa dalam belajar tugas dan kewajiban bagi seorang pendidik. Kemandirian tujuan guru agar siswa belajar mandiri, sesuai dengan tujuan kompetensi inti sikap dalam ranah afektif. Pembelajaran kemandirian sebagai transmisi kewarganegaraan berkaitan erat dengan penanaman tingkah laku siswa dalam belajar dan hidup bermasyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun banyak kendala dalam belajar namun siswa-siswi tetap membangun kemandirian menjadi individu yang mandiri, disiplin, tanggung jawab, mampu menyelesaikan masalah, mengambil keputusan sendiri, inisiatif dan kreatif dalam belajar. Kemandirian juga di dukung oleh faktor ekternal yaitu  guru dan orangtua. Guru selalu memberikan motivasi kepada siswa untuk mandiri dalam belajar, begitupun orangtua selalu memberikan bimbingan, nasehat, serta pantauan kepada anak-anakanya dirumah. Warga negara yang baik, yaitu masyarakat yang  memiliki kecerdasan intelektual, emosional yang baik, kehidupan sosial yang baik, spiritual, rasa bangga terhadap tanah airnya, berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, tumbuh rasa kebangsaan dan cinta tanah air, kepribadian dan akhlak yang baik, bersikap demokratis, mampu bersaing dan berprestasi dalam bidangnya dan kemajuan teknologi dan  komunikasi, terutama bertanggung jawab sebagai generasi muda

References

. (2017). Master 's Efforts in grow independence study Student. Journal Scientific Education of Elementary School Teachers FKIP Unsyiah. Vol. 1, No. 1, 11-20.

al, W. e. (2022). Education Citizenship in College , Effort Realizing Good Cityzhip. Merdeka Kreasi.

Alexander. (2009). Methodology Study Qualitative. Jakarta: Echo Persada.

Ali, H. (2018). Strengthening Character Spirit Nationality Melli LearningWisdom Local in Subjects PPKn. Journal Geuthee , Research Multidisciplinary. Vo;.1 No.3, 188-198.

Amanullah, M. S. (2019). Citizenship Education (Citizenship) as a Means of Realizing Civilized Citizens (Good Citizenship). National Education Seminar.

Bi Wijayanti, M. W. (2016). Indonesian Politics in Forming Good Citizenship in the Reformation Era. Journal Sciences Social . Vol13, No. 2, 63-74.

Daren Une, e. a. (2014). Islamic Education in Higher Education. State University of Gorontalo .

Darmaji, N. U. (2020). Performance Character Spirit Nationality and Management Learning at School basic and General and religious , Eduhumaria. Journal of Basic Education, Vol.13 No.1 , 1-10.

Desmita. (2014). Psychology Development Participant Didik. Bandung: PT. Teenager Rosdakarya.

Dimyati. (2006). Study and learning. Jakarta: Rineka create .

Elementary School Teacher Education Science , Effort Increase independence study Student Through Lessons Study. (2017). Jurnal FKIP Unsyiah.

Fakultas Psikologi, U. M. (2021, Agustus 23). Teori-teori belajar dan pembelajaran. Retrieved from link:https://psikologi.uma.ac.id/wp-content/uploads/2018/12/TEORI-TEORI-BELAJAR.pdf

Gunawan, H. (2012). Character education. Bandung: Alphabet.

Ikhtiarti, E. A. (2019). Build generation young smart and good citizenship through learning ppkn face challenge revolution industry.

Juliati, J. ,. (2016). Attitude Behavior Community and Environment Family As Mirror Success of Citizenship Education. GREETINGS: Journal Social and Cultural Syar-i , Vol. 3 No. 3, 1-10.

Kaelan. (2014). Pancasila Education. Yogyakarta: Paradigma.

Kartasasmita, G. (1999). Development for People Integrate Growth and Equity. Jakarta: PT. Cidesindo Library.

M.Ag, A. S. (2015). Problems and Solutions for Islamic Religious Education in Schools. Yogyakarta: Naila Pustaka.

Marsi Singarimbun, S. E. (1999). Method Research and Survey. Jakarta: LP3ES.

Menza Hendri, L. P. (2019). Analisis hubungan karakter semangat kebangsaan terhadap hasil belajar siswa. Journal of Foundation and Application Development and Education Vol. 7, No. 1, 1-8.

Muhammad Abror A, ,. N. (2019). Pendidikan Kewarganegaraan (Citizenship) sebagai Sarana Mewujudkan Warga Negara yang Beradab (Good Citizenship). eminar Nasional Pendidikan Pengembangan Kualitas Pembelajaran Era Generasi Milenial .

OomYomi Romlah, K. S. (2021). Project Citizen Model To Develop Student 's Pro social Awareness. Civics Journal , 128-138.

Rezy Vianthia Rendraputri, D. A. (2020). The Importance of Citizenship Education For build Children's Characters during a Pandemic Covid-19. Journal of Harmony, Vol 6 No. 2, 139-149.

Ristna, D. (2019). Government strategy village in build good community citizenship Samin ( brother sikep ) in the village Baturejo districts sukolilo districts starch. Journal Moral and Citizenship Studies Vol. 7, No. 2.

Rulianiningsih, S. S. (2018). Head Strategy Village In Empowering the mentally retarded community For Building Good Citizenship in the Village Idiot Village Karangpatihan Subdistrict Balong Regency Ponorogo. Journal Moral and Citizenship Studies Vol. 6, No. 3.

Sugiona. (2009). Method Study Quantitative Qualitative. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-05-30

How to Cite

Lusie Putri, M. F. J., Utaminingsih, S., & Siswandi, R. D. (2023). MEMBANGUN KEMANDIRIAN SISWA DALAM BELAJAR MENUJU MASYARAKAT GOOD CITIZENSHIP. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(1), 35–43. https://doi.org/10.32493/jpkn.v10i1.y2023.p35-43

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.