Analisis Efikasi Diri Sebagai Prediktor Pengembangan Warga Negara Aktif

Authors

  • Arief Rahman Universitas Malikussaleh
  • Irma Yurni Universitas Malikussaleh
  • Zulkifli Zulkifli Universitas Malikussaleh

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkn.v10i2.y2023.p98-113

Keywords:

efikasi diri, pendidikan kewarganegaraan, warga negara aktif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh efikasi diri terhadap pengembangan warga negara aktif di kalangan mahasiswa. Efikasi diri adalah keyakinan individu terhadap kemampuannya untuk melakukan suatu tindakan atau aktivitas tertentu. Pengembangan warga negara aktif didefinisikan sebagai kemampuan individu untuk berpartisipasi dalam kegiatan sosial dan politik yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional dengan melibatkan 141 mahasiswa dari Universitas Malikussaleh. Data diambil dengan menggunakan kuesioner yang terdiri dari dua bagian, yaitu skala efikasi diri dan skala pengembangan warga negara aktif. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara efikasi diri dan pengembangan warga negara aktif. Semakin tinggi efikasi diri mahasiswa, maka semakin tinggi pula kemampuan mereka dalam mengembangkan diri sebagai warga negara aktif. Dalam hal ini, efikasi diri juga dapat mempengaruhi intensitas partisipasi mahasiswa dalam berbagai kegiatan di lingkungan kampus maupun di masyarakat. Penelitian ini memberikan implikasi bagi institusi pendidikan, terutama perguruan tinggi, untuk meningkatkan pengembangan warga negara aktif mahasiswa melalui pemberian program dan kegiatan yang dapat meningkatkan efikasi diri mahasiswa seperti Pendidikan Kewarganegaraan. Selain itu, mahasiswa juga dapat meningkatkan efikasi diri dengan melakukan berbagai aktivitas yang dapat memperkuat keyakinan diri mereka, seperti partisipasi dalam organisasi di dalam dan luar kampus.

Author Biographies

Arief Rahman, Universitas Malikussaleh

Prodi Akuakultur, Fakultas Pertanian, Universitas Malikussaleh

Irma Yurni, Universitas Malikussaleh

Prodi Agroekoteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Malikussaleh

Zulkifli Zulkifli, Universitas Malikussaleh

Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Malikussaleh

References

Ahmad, A., & Safaria, T. (2013). Effects of self-efficacy on students’ academic performance. Journal of Educational, Health and Community Psychology, 2(1), 22-29. http://dx.doi.org/10.12928/jehcp.v2i1.3740.

Buijs, A. E., Mattijssen, T. J., Van der Jagt, A. P., Ambrose-Oji, B., Andersson, E., Elands, B. H., & Møller, M. S. (2016). Active citizenship for urban green infrastructure: fostering the diversity and dynamics of citizen contributions through mosaic governance. Current opinion in environmental sustainability, 22, 1-6. https://doi.org/10.1016/j.cosust.2017.01.002

Chen, G., Gully, S. M., & Eden, D. (2001). Validation of a new general self-efficacyscale. Organizational research methods, 4(1), 62-83. https://doi.org/10.1177/1094428101410.

Curtis, E. A., Comiskey, C., & Dempsey, O. (2016). Importance and use of correlational research. Nurse researcher, 23(6). DOI: 10.7748/nr.2016.e1382.

Deng, G., & Fei, S. (2023). Exploring the factors influencing online civic engagement in a smart city: The mediating roles of ICT self-efficacy and commitment to community. Computers in Human Behavior, 143, 107682. https://doi.org/10.1016/j.chb.2023.107682.

Doménech-Betoret, F., Abellán-Roselló, L., & Gómez-Artiga, A. (2017). Self-efficacy, satisfaction, and academic achievement: the mediator role of Students' expectancy-value beliefs. Frontiers in psychology, 8, 1193. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2017.01193.

Greenberg, J. (2010). “There's Nothing Anyone Can Do About It “: Participation, Apathy, and “Successful†Democratic Transition in Postsocialist Serbia. Slavic Review, 69(1), 41-64.

Manganelli, S., Lucidi, F., & Alivernini, F. (2015). Italian adolescents' civic engagement and open classroom climate: The mediating role of self-efficacy. Journal of Applied Developmental Psychology, 41, 8-18. https://doi.org/10.1016/j.appdev.2015.07.001.

Seyedali Ahrari, Jamilah Othman, Salleh Hassan, Bahaman Abu Samah and Jeffrey Lawrence D`Silva, 2014. Active Citizenship by Active Learning. Journal of Applied Sciences, 14: 2450-2459. DOI: 10.3923/jas.2014.2450.2459.

Wasisto, A., Mulyadi, M., Doly, D., Prihatin, R. B., & Moenek, R. (2020). Corruption as a Valence: The Paradox of Electorate Punishment of Political Parties in Indonesia. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(03).

Wilde, N., & Hsu, A. (2019). The influence of general self-efficacy on the interpretation of vicarious experience information within online learning. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 16(1), 1-20. https://doi.org/10.1186/s41239-019-0158-x

Yusuf, M. (2011). The impact of self-efficacy, achievement motivation, and self-regulated learning strategies on students’ academic achievement. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 15, 2623-2626. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.04.158

Ralasari, I., Setiadi, R., & Soemartojo, S. M. (2020). Relationships pattern of social media addiction level to morality level, apathetic level and academic score. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1442, No. 1, p. 012033). IOP Publishing. DOI 10.1088/1742-6596/1442/1/012033

Suzuki, S., Morris, S. L., & Johnson, S. K. (2022). Profiles of civic assets among youth of color: Relations with civic action. Journal of Applied Developmental Psychology, 83, 101476. https://doi.org/10.1016/j.appdev.2022.101476

Downloads

Published

2023-12-19

How to Cite

Rahman, A., Yurni, I., & Zulkifli, Z. (2023). Analisis Efikasi Diri Sebagai Prediktor Pengembangan Warga Negara Aktif. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 98–113. https://doi.org/10.32493/jpkn.v10i2.y2023.p98-113

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.