Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0: Perspektif Sosiologi Pendidikan

Authors

  • Aulia Nursyifa Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkn.v6i2.y2019.p143-154

Keywords:

kepemimpinan kepala sekolah, era revolusi industri 4.0, sosiologi pendidikan

Abstract

Pendidikan di era revolusi industri 4.0 bertransformasi mengalami berbagai perubahan, salah satunya gaya kepemimpinan kepala sekolah ditutut untuk disesuaikan dengan tuntutan era revolusi industri 4.0. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam menghadapi era revolusi industry 4.0 dalam perspektif Sosiologi Pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi penelitian. Sedangkan narasumber penelitian yaitu berjumlah 10 kepala sekolah dan 1 pengawas di Kabupaten Tangerang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah yang tranformasi yang demokratis mengikuti perubahan, berbagai pengetahuan serta keterampilan kepala sekolah di era revolusi industry 4.0 perlu untuk diperkuat terutama dalam keterampilan menggunakan teknologi dan kompetensi kewirausahaan.

References

Baihaqi, M. I. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Kontruktivisme, 7(2), 97–106.

Damsar. (2012). Pengantar Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Ekosiswoyo, R. (2007). Kepemimpinan kepala sekolah yang efektif kunci pencapaian kualitas pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 76–82.

Fitrah, M. (2017). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Penjamin Mutu, 3(1).

Haris, A. (2013). Modul Kepemimpinan Pendidikan. Surabaya: UIN Sunan Ampel.

Hidayat, R. (2014). Sosiologi Pendidikan Emile Dukheim (1 ed.). Jakarta: Grafindo.

Karweti, E. (2010). Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Dan Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(2), 77–89.

Kemendikbud. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (2003). Diambil dari http://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf

Kemendikbud. (2018). Permendikbud Nomor 15 Tahun 2018.

Lazwardi, D. (2016). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Kependidikan Islam, 6(2), 139–157.

Manik, E., & Bustomi, K. (2011). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Entrepreneurship, 5(2), 97–107.

Menteri Pendidikan. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 (2007).

Mukhlasin, A. (2019). Kepemimpinan Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Tawadhu, 3(1), 674–692.

Mulyasa. (2007). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosda karya.

Narwoko, J. D., & Suyanto, B. (2014). Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Prenada.

Nasution. (2009). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Nursyifa, A. (2019). Pembinaan Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Loyalitas Sosial, 1(1). Diambil dari http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JLS

Purwanto, N. (2010). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rusmawati, V. (2013). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Disiplin Kerja Guru. E- JUrnal Administrasi Negara, 1(2), 395–409.

Schwab, K. (2016). The Fourth Industrial Revolution. Switzerland: World Economic Forum.

Setiadi, E. M., & Kolip, U. (2011). Pengantar Sosiologi Pemahaman Fakta dan Gejala Permasalahan Sosial Teori, Aplikasi, dan Pemecahannya. Bandung: Kencana.

Setiyati, S. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Budaya Sekolah. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(2), 200–207. https://doi.org/10.21831/jptk.v22i2.8931

Silalahi, U. (n.d.). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Soekanto, S. (2010). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiarto, A., & Mastikasari, K. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Lingkungan Kerja, dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMA Kota Wates Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional FKIP. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma. Diambil dari http://usd.ac.id/snfkip2018

Sugiarto, S. (2019). Kesiapan Kepala Madrasah Aliyah Swasta Menyelenggarakan Pendidikan Pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Kepdndidikan, 4(1), 37–45.

Toharudin, M., & Ghufroni. (2019). Leadership of The Headmaster in Managing Inclusive Elementary School in Brebes Regency. Educational Management, 8(2), 173–182.

Wahab, J. A., Mohd Fuad, C. F., Ismail, H., & Majid, S. (2014). Headmasters ’ Transformational Leadership and Their Relationship with Teachers ’ Job Satisfaction and Teachers ’ Commitments. International Education Studies, 7(13). https://doi.org/10.5539/ies.v7n13p40

Wulandari, F., Febriansyah, D., Salwa, & Sulaiman, R. M. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah di Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Meningkatkan Akreditasi Sekolah. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana. Palembang: Universitas PGRI Palembang.

Yulizar, & Farida. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah di Era Disrupsi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (hal. 1060–1072). Palembang: Program Pascasarjana Universitas PGRI.

Downloads

Published

2019-09-30

How to Cite

Nursyifa, A. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0: Perspektif Sosiologi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2), 143–154. https://doi.org/10.32493/jpkn.v6i2.y2019.p143-154

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.