Efektivitas Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila

Authors

  • Hananthya Firdhayanti Kurniawan Universitas Pasundan
  • Elan Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkn.v11i2.y2024.p85-89

Keywords:

Pembelajaran Kontekstual, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Berbasis Masalah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun hubungan sebab akibat antara kemampuan berpikir kritis SMA Negeri 12 Bandung dengan model pembelajaran kontekstual (CTL). Fokus penelitian ini adalah quasi eksperimen “non-equal control group pre-test and post-test”. Kelas X-3 dijadikan sebagai kelompok kelas eksperimen dan kelas X-6 dijadikan sebagai kelompok kelas kontrol dalam sampelnya. Permasalahan yang akan diteliti adalah keterampilan berpikir kritis siswa, dan pendekatan pembelajaran berbasis masalah akan digunakan untuk menilainya. yang dipadukan dengan metode pembelajaran kontekstual (CTL). Tes tertulis dan non tes digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Hasil dari penelitian menujukkan bahwa adanya dampak besar pada kapasitas siswa untuk berpikir kritis pada kelompok kelas eksperimen yang setelah diberikan diberikan perlakuan dan siswa lebih terlibat ketika memanfaatkan pembelajaran kontekstual. Siswa yang menggunakan pembelajaran kontekstual mempunyai kemampuan berpikir kritisnya lebih unggul dari siswa yang terlibat pembelajaran ceramah.

References

Atikah, C, & N. (2023). Hubungan Berpikir Kritis dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VIII di SMPN 15 Kota Serang. Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 66–78. https://doi.org/10.53090/jlinear.v7i1.414

Kasmawati, Khalisah Latuconsina, N., & Ika Prasati Abrar Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2). http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika

Kokom, K. (2011). Kontribusi Pembelajaran Kontekstual untuk Pengembangan Kompetensi Kewarganegaraan Peserta Didik SMP di Jabar. MIMBAR, XXVII, 47–55..

Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suprapto, E. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual, Pembelajaran Langsung Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif. In Invotec: Vol. XI (Issue 1).

Syafitri, E., Armanto, D., & Rahmadani, E. (2021). Aksiologi Kemampuan Berpikir Kritis. In Journal of Science and Social Research (Issue 3). http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JSSR

Media Indonesia online tanggal 18-12-2023 diakses dari Hasil PISA 2022, Refleksi Mutu Pendidikan Nasional 2023 (mediaindonesia.com)

Tempo.co media Indonesia online diakses tanggal 24 April 2024, dari https://metro.tempo.co/read/1859808/setara-institute-minta-polda-metro-jaya-terapkan-restorative-justiceatas-laporan-penistaan-agama-oleh-gilbert-lumoindong?tracking_page_direct

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Kurniawan, H. F., & Elan. (2024). Efektivitas Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(2), 85–89. https://doi.org/10.32493/jpkn.v11i2.y2024.p85-89