Efektivitas Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila

Authors

  • Hananthya Firdhayanti Kurniawan Universitas Pasundan
  • Elan Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkn.v11i2.y2024.p85-89

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun hubungan sebab akibat antara kemampuan berpikir kritis SMA Negeri 12 Bandung dengan model pembelajaran kontekstual (CTL). Fokus penelitian ini adalah quasi eksperimen “non-equal control group pre-test and post-test”. Kelas X-3 dijadikan sebagai kelompok kelas eksperimen dan kelas X-6 dijadikan sebagai kelompok kelas kontrol dalam sampelnya. Permasalahan yang akan diteliti adalah keterampilan berpikir kritis siswa, dan pendekatan pembelajaran berbasis masalah akan digunakan untuk menilainya. yang dipadukan dengan metode pembelajaran kontekstual (CTL). Tes tertulis dan non tes digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Hasil dari penelitian menujukkan bahwa adanya dampak besar pada kapasitas siswa untuk berpikir kritis pada kelompok kelas eksperimen yang setelah diberikan diberikan perlakuan dan siswa lebih terlibat ketika memanfaatkan pembelajaran kontekstual. Siswa yang menggunakan pembelajaran kontekstual mempunyai kemampuan berpikir kritisnya lebih unggul dari siswa yang terlibat pembelajaran ceramah.

Kata kunci: Pembelajaran Kontekstual, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Berbasis Masalah  

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Kurniawan, H. F., & Elan. (2024). Efektivitas Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(2), 85–89. https://doi.org/10.32493/jpkn.v11i2.y2024.p85-89