Peningkatan Life Skill Mahasiswa Melalui Revitalisasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Authors

  • Neng Dea Lutfia Sari Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ujang Rohman Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Shalahudin Ismail Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.32493/jurnalpkn.v11i1.41969

Keywords:

Life Skill Mahasiswa; Revitalisasi; Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengeksplorasi potensi peningkatan life skill Mahasiswa melalui revitalisasi Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan. Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan dianggap sebagai fondasi yang mampu memperkaya pengembangan life skill dengan memberikan landasan moral, etika, dan nilai-nilai kewarganegaraan. Pendekatan penelitian yang diterapkan adalah library research. Temuan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa peningkatan life skill Mahasiswa melalui revitalisasi pendidikan pancasila dan kewarganegaraan berperan sebagai sarana efektif untuk meningkatkan keterampilan pribadi, akademik, sosial, dan vokasional, yang pada gilirannya dapat membentuk individu yang kompeten dan adaptif dalam menghadapi dinamika kehidupan. Dengan demikian, studi ini memberikan kontribusi positif terhadap pemahaman kita tentang peran pendidikan dalam membentuk manusia yang memiliki kesiapan untuk menghadapi tantangan kehidupan sehari-hari.

References

Ayu, I., & Sinthiya, P. A. (2022). Jurnal Manajemen Pendidikan Al Multazam. Aktualisasi Pendidikan Pancasila Dalam Pembentukan Life Skill Mahasiswa. 4(1), 33-40. https://doi.org/10.54892/jmpa.v4i1.135

Dani, Nurhelfi Risman., F, Farida., & Fitria, Yanti. (2021). Jurnal Basicedu. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Life Skill dengan Menggunakan Model Project Based Learning Di Sekolah Dasar. 5(5), 3431-3444. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1367

Erinawati, Nur Rochmah. (2022). Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru. Penanaman Nilai-Nilai Pancasila melalui Pembelajaran Life Skill di Masa Pandemi Covid-19. 7(1), 7-12. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.232

Gufron, Saiful., Ansar., & Haris, Ikhfan. (2020). Jurnal normalita. Implementasi Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri Batudaa Kabupaten Gorontalo. 3 (1), 75-85.

Hazimah, Ghina Fauziah & Dinie Anggraeni Dewi. (2021). Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi. Upaya Memajukan Pendidikan Indonesia Berdasarkan Nilai-Nilai Pancasila. 8(1), 149-160.

Novita, Risa. & Widodo, Slamet. (2023). Jurnal Pendidikan. Sistematika Implementasi Inovatif Terhadap Pembelajaran Pendidikan Pancasila Mahasiswa. 14(1), 87-94. https://dx.doi.org/10.31258/jp.14.1.87-94

Octavian, Wendy Anugrah. (2018). Jurnal Bhinneka Tunggal Ika. Urgensi Memahami Dan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-hari Sebagai Sebuah Bangsa. 5(2), 123-128.

Sinthiya, Ida Ayu Putu Anggie. & Rahman, Evy Septia. (2022). Jurnal Manajemen Pendidikan Al Multazam. Aktualisasi Pendidikan Pancasila Dalam Pembentukan Life Skill Mahasiswa. 4(1), 33-40. https://doi.org/10.54892/jmpa.v4i1.135

Sulianti, Ani. (2018). Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan. Revitalisasi Pendidikan Pancasila Dalam pembentukan Life Skill. 6(2), 111-117. http://doi.org/10.25273/citizenship.v6i2.3156

Suyato., Hidayah, Yayuk., Arpannudin, Iqbal. & Septiningrum, Lutfia. (2022). Socia: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial. Revitalisasi Pendidikan Kewarganegaraan Abad 21: Analisis Keterampilan Abad 21. 19(2), 78-84. https://doi.org/10.21831/socia.v19i2.60152

Sulianti, Ani. & Jannah, Faridahtul. (2021). Journal of Social Science and Education. Perspektif Mahasiswa sebagai Agen of Change melalui Pendidikan Kewarganegaraan. 2(2), 181-193. https://doi.org/10.21154.asankav2i2.3193

Downloads

Published

2024-07-10

How to Cite

Neng Dea Lutfia Sari, Rohman, U., & Ismail, S. (2024). Peningkatan Life Skill Mahasiswa Melalui Revitalisasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(1), 10–20. https://doi.org/10.32493/jurnalpkn.v11i1.41969