Efektifitas Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Dalam Jabatan Dalam Rangka Mempersiapkan Guru Profesional Di Indonesia Pada Mahasiswa PPG Dalam Jabatan Angkatan 1 LPTK Universitas Pamulang
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkn.v11i2.y2024.p122-133Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kurangnya sosialisasi program, proses perkuliahan yang menuntut mahasiswa untuk memahami dan menguasai teknologi pembelajaran, rata-rata usia mahasiswa, dan proses sertifikasi yang kompleks. Selain itu, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 38 Tahun 2020 dan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 54 Tahun 2022 berbeda satu sama lain. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif sebagai metode penelitian. Di sisi lain, metode pengumpulan data yang digunakan termasuk dokumentasi, wawancara, dan observasi, dan analisis data menggunakan analisis induktif. Analisis data adalah tahap dari proses pengkodean yang melibatkan perbandingan terus-menerus dan pengajuan pertanyaan. Metode ini memprioritaskan validitas data. Metode ini menggunakan coding sebagai alat utama pengolahan data dan menekankan validitas data melalui verifikasi. Pengkodean (coding) dan pengkategorian data biasanya dimulai oleh proses. Ada beberapa metode pengkodean, yaitu pengkodean terbuka (open coding), pengkodean terporos (axial coding), dan pengkodean terpilih. Hasil penelitian ini kemudian menunjukkan bahwa Program Profesi Guru Dalam Jabatan dinilai efektif untuk mendukung peningkatan kemampuan guru sebagai guru profesional di Indonesia. Namun, jurnal nasional terakreditasi sinta 1-6 adalah luaran yang ditargetkan dalam penelitian ini.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mas Fierna Lusie, Roni Rustandi, nurdiana, Neng Nurhemah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.