Efektifitas Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Dalam Jabatan Dalam Rangka Mempersiapkan Guru Profesional Di Indonesia Pada Mahasiswa PPG Dalam Jabatan Angkatan 1 LPTK Universitas Pamulang
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkn.v11i2.y2024.p122-133Keywords:
Efektivitas, Pendidikan Profesi Guru, Profesional.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kurangnya sosialisasi program, proses perkuliahan yang menuntut mahasiswa untuk memahami dan menguasai teknologi pembelajaran, rata-rata usia mahasiswa, dan proses sertifikasi yang kompleks. Selain itu, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 38 Tahun 2020 dan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 54 Tahun 2022 berbeda satu sama lain. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif sebagai metode penelitian. Di sisi lain, metode pengumpulan data yang digunakan termasuk dokumentasi, wawancara, dan observasi, dan analisis data menggunakan analisis induktif. Analisis data adalah tahap dari proses pengkodean yang melibatkan perbandingan terus-menerus dan pengajuan pertanyaan. Metode ini memprioritaskan validitas data. Metode ini menggunakan coding sebagai alat utama pengolahan data dan menekankan validitas data melalui verifikasi. Pengkodean (coding) dan pengkategorian data biasanya dimulai oleh proses. Ada beberapa metode pengkodean, yaitu pengkodean terbuka (open coding), pengkodean terporos (axial coding), dan pengkodean terpilih. Hasil penelitian ini kemudian menunjukkan bahwa Program Profesi Guru Dalam Jabatan dinilai efektif untuk mendukung peningkatan kemampuan guru sebagai guru profesional di Indonesia. Namun, jurnal nasional terakreditasi sinta 1-6 adalah luaran yang ditargetkan dalam penelitian ini.
References
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen;
Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi;
Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi;
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru;
Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia;
Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2018 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar, dan Tata Cara Penulisan Gelar di Perguruan Tinggi;
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi;
Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2022 Tentang Tata Cara Memperoleh Sertifikat Pendidik Bagi Guru Dalam Jabatan;
Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 56 Tahun 2022 tentang Standar Pendidikan Guru.
Zahroh, A. (2015). Membangun Kualitas Pembelajaran Melalui Dimensi Profesional Guru. Yrama Widya.
Sugiono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). 2020. Pedoman Program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan. Jakarta: Direktorat Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan, Direktrat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 2023. Buku Pintar Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan. Jakart: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Direktorat Pendidikan Profesi Guru.
Olivia Mardhatillah dan Jun Surjanti. 2023. Peningkatan Kompetensi Pedagogik dan Profesionalitas Guru di Indonesia Melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG). Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha (Jurnal Online). Vol. 15 No. 1 (Diunduh pada 1 Oktober 2023).
Abdul Rahman Azahari, dkk. 2022. Mutu Pengelolaan Program Pendidikan Profesi Guru (Ppg) Universitas Palangka Raya. Equity in Education Journal (EEJ) (Jurnal Online). Volume 4 Nomor 2, 111-117 (Diunduh pada 1 Oktober 2023).
Elly Maryani. 2022. Pendidikan Profesi Guru (PPG) Sebagai Cara Untuk Menjadikan Guru Menjadi Profesional. GUAU Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (jurnal Online). Vol. 2. No. 4. (Diunduh pada 2 Oktober 2023
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mas Fierna Lusie, Roni Rustandi, nurdiana, Neng Nurhemah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.