Analisis Strategi SOAR Balai Diklat Aparatur Kementerian Kelautan dan Perikanan Menuju Corporate University

Authors

  • Afnan Fuadi Balai Diklat Aparatur Kementerian Kelautan dan Perikanan

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkn.v7i1.y2020.p35-46

Keywords:

CorpU, Analisis SOAR, Matriks IFE-EFE

Abstract

Lembaga Pelatihan Pemerintah mempunyai tantangan yang sangat kompleks serta dituntut untuk menghasilkan SDM yang berkualitas.  Dalam rangka peningkatan kapasitas dan kualitas SDM di Kementerian Kelautan dan Perikanan, Balai Diklat Aparatur Kementerian Kelautan dan Perikanan memiliki peranan penting dalam mendukung tercapainya visi dan misi serta penerapan nilai-nilai budaya kerja organisasi Kementerian Kelautan dan Perikanan. Salah satu langkah strategis yang dapat ditempuh oleh Balai Diklat Aparatur Kementerian Kelautan dan Perikanan adalah bertranformasi menjadi Corporate University (CorpU). Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis strategi Balai Diklat Aparatur Kementerian Kelautan dan Perikanan menuju CorpU. Analisis yang digunakan adalah analisis SOAR dengan melakukan perhitungan matriks IFE-EFE. Berdasarkan hasil analisis SOAR, Balai Diklat Aparatur Kementerian Kementerian Kelautan dan Perikanan, berada dalam kuadran strategi OA yaitu memanfaatkan peluang yang ada untuk mencapai hasil yang diharapkan dengan cara mengembangkan Learning Management System yang menjadi pusat integrasi seluruh manajemen pengetahuan dan pembelajaran di Balai Diklat Aparatur Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Author Biography

Afnan Fuadi, Balai Diklat Aparatur Kementerian Kelautan dan Perikanan

Widyaiswara Ahli Muda

References

Allen, M.. 2002. The Corporate University Handbook. New York: AMACOM.

Aruman, E. 2017. Indonesia’s Best Practice of Corporate University. Jakarta: PLN Corpu.

Dwiyanto, A. 2015. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Gonzales, D. 2017. Making of a Corporate University Model:Transition From Traditional Training to Learning Management System. Journal of Education and Practice, 8: (85-90).

Megawati, Rachman Nadya. 2019. Analisis Strategi Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perdagangan Menuju Corporate University. Jurnal Cendekia Niaga, Vol. 3 No. 2: (7-28).

Paton, Rob., et al., 2005. Handbook of Corporate University Development. England: Gower Publishing Company.

Renstra Balai Diklat Aparatur KKP Tahun 2018-2020.

Stavros, J., Cooperrider, D., & Kelley, D. L. (2003). Strategic inquiry appreciative intent: inspiration to SOAR, a new framework for strategic planning. Ai Practitioner, 11.

Yuliani, D. 2018. BPSDM Jawa Barat Menuju Corporate University:Sebuah Investasi Awal. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Menuju Corpu, Edisi Khusus tahun 2018: (20-27).

Downloads

Published

2020-08-26

How to Cite

Fuadi, A. (2020). Analisis Strategi SOAR Balai Diklat Aparatur Kementerian Kelautan dan Perikanan Menuju Corporate University. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 35–46. https://doi.org/10.32493/jpkn.v7i1.y2020.p35-46

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.