Implementasi Good Governance Pada Organisasi Mahasiswa

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkn.v7i2.y2020.p87-96

Keywords:

Implementasi, good governance, organisasi mahasiswa

Abstract

Organisasi mahasiswa di seluruh Fakultas Universitas Pamulang khususnya bidang eksekutif yang dijalankan oleh mahasiswa  telah berkembang pesat dalam segi kuantitas. Akan tetapi, dalam menjalankan tata kelola organisasinya masih belum optimal. Sering terjadi ketidakjelasan dan kebingungan  dalam mengatur dan mengelola organisasi mahasiswanya secara baik dan benar.Terlihat masih minimnya peran aktif mahasiswa di seluruh Fakultas Universitas Pamulang untuk ikut berpartisipasi demi mewujudkan tata kelola organisasi mahasiswa. Partisipasi, akuntabilitas dan transparansi tersebut merupakan bagian dari prinsip good governance yang harus dijalankan dengan baik dalam sebuah organisasi. Oleh karena itu tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana implementasi ketiga prinsip good governance tersebut pada organisasi mahasiswa di Universitas Pamulang. Metode dalam penelitian ini yakni kualitatif dengan jenis pendekatan normatif-empiris. Hasil penelitian ini menunjukan masih minimnya partisipasi keaktifan pengurus organisasi mahasiswa dari beberapa program studi, transparansi dokumen dan kebijakan lainnya hanya bisa dikonsumsi atau diketahui oleh pengurus mahasiswa dan tidak dipublikasikan untuk umum karena hanya beberapa prodi yang mempublikasikan, sedangkan akuntabilitas dokumen sudah dilaksanakan dengan baik. Dari hal tersebut maka implementasi good governance pada prinsip partisipasi, transparansi dan akuntabilitas pada organisasi mahasiswa di Universitas Pamulang belum sepenuhnya berjalan baik. Oleh karena itu perlu adanya sebuah kebijakan dari yang menaungi organisasi tersebut agar dapat menjalankan ketiga prinsip good governance dengan baik.

References

Adisasmita, R. 2011. Manajemen Pemerintahan Daerah. Makassar: Graha Ilmu.

Basri, F. H., & Munandar, H. (2009). Lanskap ekonomi Indonesia: kajian dan renungan terhadap masalah-masalah struktural, transformasi baru, dan prospek perekonomian Indonesia. Jakarta: Kencana.

Dwiningrum, S. I. A. (2011). Desentralisasi dan partisipasi masyarakat dalam pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kristianten. 2006. Transparansi Anggaran Pemerintah. Jakarta :Rineka Cipta.

Lalolo. K. P. L. 2003. Indikator dan Alat Ukur Prinsip Akuntabiitas, Transparansi dan Partisipasi. Jakarta: Bappenas.

Siregar, M. R., Prasetya, S., Prananto, H., Yuniawati, E., & Sarsa, N. U. (2016). Implementasi Good Governance pada Organisasi Mahasiswa di Universitas Gadjah Mada Demi Mewujudkan Good Student Governance. Jurnal Penelitian Hukum-Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, 3(1), 56-69.

Downloads

Published

2020-12-15

How to Cite

Sulastri, S., & Utami, I. S. (2020). Implementasi Good Governance Pada Organisasi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 87–96. https://doi.org/10.32493/jpkn.v7i2.y2020.p87-96

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.