Evaluasi Implementasi Peraturan Presiden No.87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32493/jpkn.v7i2.y2020.p79-86

Keywords:

Implementasi, Pendidikan Karakter, nilai dan Moral

Abstract

Bergesernya nilai-nilai kehidupan baik secara individu, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara dipengaruhi oleh banyak faktor penyebabnya diantaranya memudarnya nilai-nilai budaya yang ada, bergesernya nilai-nilai pada tatanan kehidupan, kurangnya rasa malu pada masyarakat atau bahkan hampir hilang, kemandirian bangsa yang semakin melemah, serta masih banyak lagi faktor-faktor yang lainnya. Untuk mengatasi permasalahan yang sangat sulit seperti ini diperlukan adanya pendidikan karakter yang didirikan oleh bidang pendidikan yang harus melibatkan seluruh masyarakat tanpa terkecuali. Melihat hal tersebut mengembangkan intelektualitas, karakter peserta didik perlu dikembangkan dalam sistem pendidikan nasional negara kita ini. Untuk itu Telah dikeluarkan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Penelitian bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi implementasi Peraturan Presiden No.87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Dalam Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif, adapun mengambil data dilakukan dengan metode wawancara, dan observasi lapangan. Objek dalam penelitian ini Sekolah Menengah Atas  yang ada di kecamatan Ciseeng. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Peraturan Presiden No. 87 tahun 2017 tentang penguatan pendidikan karakter di setiap sekolah berbeda beda karena dipengaruhi oleh kesiapan masing-masing sekolah dalam menjalankan peraturan tersebut.

References

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Konsep Dasar Penguatan Pendidikan Karakter Senang Belajar di Rumah Kedua. Diakses pada http://alihfungsi.gtk.kemdikbud.go.id, pada 1 Agustus 2020.

Nursyifa, A. (2019). Transformasi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 51-64.

Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter

Pusat Kurikulum Kemdikbud. (2009). Pengembangan dan Pendidikan Budaya & Karakter Bangsa. Jakarta

Ramdani, Z. (2018). Kolaborasi Antara Kepala Sekolah, Para Guru, dan Siswa. In Prosiding 1st National Conference On Educational Assessment And Policy (hal. 71).

Tribunnews.com. (2018). Guru Budi Dicekik dan Dipukul di Leher Oleh Muridnya Hingga Terjatuh, Pengakuan Sekolah Mengejutkan. Diakses dari https://www.tribunnews.com/regional/2018/02/02, pada 12 Desember 2019.

Viva.co.id. (2017). Guru Galak yang Tendangi Murid SMK Tangerang Dipecat. Diakses pada https://www. viva.co.id/ berita/ metro/977317 -guru-galak-yang-tendangi -murid-smk-tangerang-dipecat, pada 12 Desember 2019.

Downloads

Published

2020-12-15

How to Cite

Setiawati, S., & Sulastri, S. (2020). Evaluasi Implementasi Peraturan Presiden No.87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 79–86. https://doi.org/10.32493/jpkn.v7i2.y2020.p79-86