PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR METODE PEKERJAAN SOSIAL JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.32493/jpkn.v4i1.y2017.p65-76Abstract
Abstrak
Artikel ini memberikan pemaparan tentang upaya meningkatkan hasil siswa melalui belajar metode cooperatif learning dalam meningkatkan sikap sosial peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan dua silkus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi atau evaluasi dan refleksi yang dilakukan disetiap silkus. Secara psikologis peserta didik di kelas XI PS2 adalah anak yang telah masuk masa pubertas atau dari masa anak-anak ke masa dewasa oleh karena itu mereka harus bisa menganalisis dan memandang terhadap sesuatu itu menyeluruh dengan penghayatan secara totalitas. Atas dasar itulah, sehingga kegiatan pembelajaran yang sesuai untuk mereka adalah model pembelajaran dengan pendekatan cooperatif learning, dan suasana pembelajarannya pun diciptakan yang menyenangkan. Sehubungan dengan model pembelajaran dengan pendekatan cooperatif learning merupakan strategi pembelajaran yang lebih banyak melibatkan peserta didik dalam menggali materi harus mandiri, karena teman sebaya merupakan nara sumber untuk peserta didik lainnya, maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mengukur sejauh mana efektifitas konsep pembelajaran dengan pendekatan cooperatif learningitu dapat memotivasi belajar peserta didik untuk kreatif yang berdampak kepada hasil belajar yang optimal. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini mengikuti prosedur yang di mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan/tindakan pengamatan, observasi atau evaluasi dan diakhiri dengan refleksi guna menentukan dilanjutkan atau sudah cukup tindakan penelitian itu. Dilihat dari hasil analisa data, bahwa dari silkus satu ke siklus berikutnya yaitu sikus dua menunjukan hasil yang terus menerus meningkat.
Kata Kunci: Metode Cooperatif learning, psikologi peserta didik, sikap sosial, pekerjaan sosial.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.