PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM TRANSAKSI E-COMMERCE

Authors

  • Muhamad Richzan Fauzi Universitas Pamulang

Abstract

E-commerce itu sendiri merupakan suatu proses perdagangan yang memiliki karakteristik sendiri dimana suatu perdagangan yang dapat melintasi batas Negara, bahkan tidak bertemunya antara sipenjual dan pembeli, dengan menggunakan media internet sebagai fasilitator. Situasi tersebut dalam satu sisi cukup menguntungkan pihak konsumen,kaerena memiliki banyak cara yang diplih untuk mendapatkan barang atau jasa akan tetapi dilihat dari sisi lain banyak kita lihat pelanggaran hak sebagai konsumen yang terjadi dalam e-commerce yang memang mempunyai karakteristik tersendiri. Oleh karena itu bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen dalam transaksi e-commerce sangat diperlukan. Perlindungan hukum pada pelaku bisnis baik penjual jasa atau barang juga konsumen diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan pembungkus proses terjadinya hal tersebut dalam transaksi dunia maya kita sebut ecommerce memiliki aturan juga yaitu dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan normative, untuk normatif sendiri hal ini dibahas berdasarkan undang-undang yang diaplikasikan langsung kepada masyarakat umum. Berdasarkan hal-hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pertama, Undang-undang nomor 8 tahun 1999 dan Undang-undang nomor 11 tahun 2008 dapat melindungi dan memberikan aturan main dalam dunia bisnis online secara gamblang. kedua, dapat mengatur dari sisi konsumen maupun pelaku bisnis.

References

Riyeke Ustadiyanto, Framework E-Commmerce, ANDI, Yogyakarta, 2001

Sutan Remy Sjahdeini, Hukum Cyber Sistem Pengamanan E-commerce, makalah dalam seminar tentang Peran Penegak Hukum Dalam Kaitannya Dengan Transaksi Perbankan†yang diselenggarakan oleh Bank Mandiri pada hari Kamis, 18 Januari 2001 di Mandiri Club Jakarta

A. Z. Nasution. 1995. Konsumen dan Hukum. Tinjauan Sosial, Ekonomi dan Hukum pada Perlindungan Konsumen Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

A. Z. Nasution, 2014, Hukum Perlindungan Konsumen, Diadit Media,

Santiago, Faisal, 2012, Pengantar Hukum Bisnis, PT. Mitra Wacana Media, Jakarta

Asyhadie, Zaeni, 2014, Hukum Bisnis, Prinsip dan Pelaksanaannya di Indonesia, PT Raja Grafindo, Jakarta.

Santiago, Faisal, 2012, Pengantar Hukum Bisnis, PT. Mitra Wacana Media, Jakarta

Abdul Kadir Muhammad,Hukum Perikatan, (Bandung, Citra Aditya Bakti, 1992).

Downloads

Published

2022-09-18