PROSEDUR PENGELOLAAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR PADA PUSAT RISET PENGEMBANGAN SDM DI BADAN STANDARISASI NASIONAL PUSPIPTEK-TANGERANG SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.32493/ipe.v1i2.18679Abstract
ABSTRAK
Pada saat ini banyak terjadi kendala dalam penanganan arus surat masuk dan surat keluar, terutama mengenai keterlambatan dalam hal pencapaian surat kepada pihak yang dituju, serta penanganan yang masih kurang memadai sehingga dapat mempengaruhi kinerja suatu organisasi, perusahaan, atau instansi. Wawancara dan observasi digunakan dalam penelitian ini sebagai metode penelitian. Pengelolaan surat masuk dan surat keluar merupakan bagian vital dalam berlangsungnya kegiatan baik instansi Pemerintah maupun Swasta. Pengelolaan surat merupakan salah satu kegiatan dalam organisasi yang dapat membantu kelancaran dalam bidang administrasi. Oleh karena itu, dibutuhkan pengelolaan surat masuk dan surat keluar yang tepat, sehingga menciptakan hasil yang efektif dan efesien.
Kata-kata Kunci: Prosedur, Pengelolaan, Surat
INCOME AND MANAGEMENT PROCEDURES
OUTLINE LETTER AT THE RESEARCH CENTER FOR HR DEVELOPMENT AT THE NATIONAL STANDARDIZATION AGENCY
PUSPIPTEK-TANGERANG SELATAN
ABSTRACT
At this time there are many obstacles in handling the flow of incoming and outgoing mail, especially regarding delays in achieving letters to the intended party, as well as inadequate handling so that it can affect the performance of an organization, company, or agency. Interviews and observations were used in this study as research methods. Management of incoming and outgoing mail is a vital part of the ongoing activities of both government and private agencies. Mail management is one of the activities in the organization that can help smooth administration in the field of administration. Therefore, proper management of incoming and outgoing letters is needed, so as to create effective and efficient results.
Keywords: Procedure, Management, Letter