PERAN STAF ADMINISTRASI DALAM MENGELOLA DATA PROJECT TOWER TELEKOMUNIKASI DI KANTOR PUSAT PT BACH MULTI GLOBAL JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.32493/ipe.v1i2.18689Abstract
ABSTRAK
Penulisan ini tentang peran staf administrasi dalam mengelola data project tower telekomunikasi di PT Bach Multi Global Jakarta. Tujuan dari laporan akhir ini adalah untuk mengetahui peran staf administrasi dan hambatan yang dihadapi seorang staf administrasi dalam mengelola data project tower telekomunikasi di PT Bach Multi Global. Metode penulisan yang digunakan adalah observasi magang selama tiga bulan dan riset kepustakaan. Berdasarkan data yang diperoleh, standar operasional prosedur staf administrasi secara garis besar adalah memastikan semua data proyek terinput ke komputer atau sistem, serta memastikan dokumentasi dari kegiatan proyek berjalan dengan baik, lancar dan terduplikasi dengan rapih. Kegiatan administrasi di PT Bach Multi Global bertujuan untuk menyelesaikan segala pekerjaan kantor guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan dan membantu memberikan data serta informasi yang jelas dan benar yang diperlukan oleh pimpinan untuk mempermudah seorang pimpinan dalam mengambil keputusan dalam menyelesaikan suatu masalah yang ada. Beberapa kendala yang dihadapi seorang staf administrasi dalam mengelola data yaitu kurangnya ketelitian staf administrasi dalam mengolah data yaitu sering terjadinya perbedaan pencatatan laporan administrasi, kurangnya pemahaman mengenai mekanisme alur pekerjaan dan jaringan atau sistem mudah error pada saat melakukan pengelolaan data. Penulis menyarankan seorang staf administrasi agar dapat diberikan pelatihan dan pemahaman mengenai mekanisme alur pekerjaan dan memberikan fasilitas yang lebih memadai agar tidak menghambat pekerjaan dan menjadi lebih efisien. Serta melakukan audit disetiap bulannya agar memperkecil masalah perbedaan pencatatan laporan administrasi.
Kata Kunci: Staf Administrasi, Mengelola Data, dan Telekomunikasi
THE ROLE OF ADMINISTRATIVE STAFF IN MANAGING TELECOMMUNICATIONS DATA PROJECT TOWER AT PT BACH MULTI GLOBAL HEAD OFFICE JAKARTA
ABSTRACT
This writing is about the role of administrative staff in managing data for the telecommunications tower project at PT Bach Multi Global Jakarta. The purpose of this final report is to determine the role of administrative staff and the obstacles faced by an administrative staff in managing data for a telecommunications tower project at PT Bach Multi Global. The writing method used is internship observation for three months and library research. Based on the data obtained, the standard operating procedure for administrative staff is to ensure that all project data is inputted to a computer or system, as well as ensuring that documentation of project activities goes well, smoothly and neatly duplicated. Administrative activities at PT Bach Multi Global aim to complete all office work in order to achieve the goals that have been set and help provide clear and correct data and information needed by leaders to facilitate a leader in making decisions in solving an existing problem. Some of the obstacles faced by an administrative staff in managing data are the lack of accuracy of administrative staff in processing data, namely the frequent occurrence of differences in the recording of administrative reports, lack of understanding of workflow mechanisms and networks or easy system errors when managing data. The author suggests an administrative staff to be given training and understanding of the workflow mechanism and provide more adequate facilities so as not to hinder work and become more efficient. As well as conducting an audit every month in order to minimize the problem of differences in the recording of administrative reports.
Keyword: Administrative staff, Managing data, and Telecommunications