Eksistensi Perempuan dalam Novel Aku Lupa Bahwa Aku Perempuan karya Ihsan Abdul Quddus

Authors

  • Nadia Hastuti
  • Ulfah Julianti Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/piktorial.v5i1.28356

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Mendeskripsikan bentuk eksistensi tokoh perempuan dalam novel aku lupa bahwa aku perempuan karya Ihsan Abdul Quddus, 2) Mendeskirpsikan faktor munculnya eksistensi dalam novel aku lupa bahwa aku perempuan karya Ihsan Abdul Quddus. Metode penelitian yang akan diambil merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan teknik Deskriptif maka laporan akan berisis kutipan-kutipan data dalam novel Aku Lupa Bahwa Aku Perempuan. sumber data diperoleh dari novel Aku Lupa Bahwa Aku Perempuan karya Ihsan Abdul Quddus yang diterbitkan oleh PT Pustaka Alvabet, pada tahun 2020 dengan banyak halaman 228 halaman Hasil penelitian ini menunjukkan 57 data, terbagi menjadi: 41 data bentuk eksistensi tokoh perempuan dalam novel Aku Lupa Bahwa Aku Perempuan karya Ihsan Abdul Quddus, dan 16 data faktor munculnya eksistensi tokoh perempuan dalam novel Aku Lupa Bahwa Aku Perempuan karya Ihsan Abdul Quddus. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa: Pertama, bentuk eksistensi tokoh perempuan muncul paling banyak dalam bentuk usaha menunjukkan kemampuan perempuan yang setara dengan laki-laki dan perempuan mampu memimpin kelompok yang bahkan juga diisi oleh laki-laki. Bentuk eksistensi tokoh perempuan juga muncul dalam bentuk representasi kesetaraan antara laki-laki dan perempuan untuk bekerja. Kedua, faktor munculnya bentuk eksistensi tokoh perempuan didominasi oleh stigma masyarakat atas perempuan yang memiliki tugas yang berbeda dengan laki-laki. Perempuan dalam stigma masyarakat digambarkan sebagai manusia yang hanya mengemban tugas untuk mengurus rumah tangga dan membesarkan anaknya saja, sehingga muncullah bentuk eksistensialisme untuk menolak dan melawan stigma tersebut.

Author Biography

Ulfah Julianti, Universitas Pamulang

Prodi Sastra Indonesia

References

Anggarani, G. D. (2013). Kajian Feminisme Novel Astirin Mbalela karya Peni. Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Halimah, S. (2019). Kepribadian Tokoh dalam Novel Cahaya Palestine Karya Vanny C.W: Analisis Psikologi Sastra. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Nurgiyantoro, B. (2015). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Quddus, I.A. (2012). Aku Lupa Bahwa Aku Perempuan. Jakarta: Pustaka Alvabet.

Sugihastuti, S. (2010). Kritik Sastra Feminis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Tong, R.P. (2006). Feminist Thought, Pengantar Paling Komprehensif kepada Arus Utama Pemikiran Feminis. Terjemahan oleh Aquarini Priyatna Prabasmoro. Yogyakarta: Jala-sutra

Sutarman. (2017). Tabu Bahasa dan Eufemisme. Surakarta: Yuma Pustaka.

Yule, G. (2014). Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published

2023-04-04

Issue

Section

PIKTORIAL l Journal of Humanities