PELANGGARAN PRINSIP KERJA SAMA PADA KOLOM KOMENTAR INSTAGRAM INDOZONE.ID

Authors

  • Ika Rosika Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/piktorial.v5i1.28414

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pelanggaran prinsip keja sama pada kolom komentar instagram indozone.id. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelanggaran prinsip kerja sama dan implikasi yang timbul dari pelanggaran prinsip kerja sama pada kolom komentar instagram indozone.id. Penelitian ini menggunakan metode deksriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik simak, teknik rekam, dan teknik catat. Sumber data pada penelitian ini dan adalah postingan di akun instagram indozone.id. Teori yang digunakan dalama penelitian ini meliputi pragmatik yang berisi tentang tindak tutur, prinsip kerja sama, implikatur dan implikatur menurut fungsi pragmatisnya.

Hasil penelitian yang peneliti lakukan dari 30 data yang ditemukan oleh peneliti, terdapat pelanggaran pada maksim kuantitas sejumlah 10 data, pelanggaran pada maksim cara sejumlah 9 data, pelanggaran pada maksim kualitas sejumlah 6 data dan pelanggaran pada maksim relevansi sejumlah 5 data. Serta implikatur yang timbul dari pelanggaran prinsip kerja terdiri dari implikatur refresentatif ditemukan sejumlah 14 data dengan maksud memberitahukan, menyatakan, menunjukan dan menyebutkan. Bentuk implikatur ekprseif ditemukan sejumlah 10 data dengan maksud menyindir, mengejek, mengkritik mengucapkan terima kasih, mengeluh dan bergurau. Bentuk implikatur direktif ditemukan sejumlah 4 data dengan maksud menyarankan menyuruh. Selain itu di temukan 2 data yang tidak memiliki implikasi dalam pelanggarn prinip kerja sama pada kolom komentar insatgram indozone.id.

Author Biography

Ika Rosika, Universitas Pamulang

Fakultas Sastra, Sastra Indonesiaa

References

Ahmad, M. G. (2016). SKETSA BETAWI BANG JALI KONDANGAN. 08(02), 122–134.

Citra, E. (2020). Pelanggaran Prinsip Kerja Sama dalam Percakapan Najwa Shihab dan Joko Widodo di Metro TV. KOFIKS:Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajaran, 7, NO 2, 17–26.

Fera, Amalia Dwi, Ernalida, A. S. (2019). Pelanggaran Prinsip Kerja Sama dalam Naskah Drama Anu Karya Putu Wijaya dan Implikasinya dalam pembelajaran. Universitas Sriwijaya.

Kurniati, A. (2019). Implikatur dan Pelanggaran Prinsip Kerja Sama dalam Wacana Percakapan Debat Calon Gubernur DKI Jakarta. Dieksis:Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sasra Indonesia.

Rahmawati, N. (2021). Diskursus : Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Pelanggaran Prinsip Kerja Sama dan Prinsip Kesantunan Berbahasa Percakapan dalam Acara “ Mata Najwa †Diskursus : Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia. 4(1), 46–55.

Wulanda, D. (2020). pelanggaran prinsip kerja sama dalam tuturan wali santri dan tenaga pengajar di TPA AL-Auladiyah Bakti Jaya Pocis. Universitas Pamulang.

Downloads

Published

2023-04-04

Issue

Section

PIKTORIAL l Journal of Humanities