PERAN GANDA IBU RUMAH TANGGA PADA SEKTOR EKONOMI INFORMAL UNTUK MENINGKATKAN FAMILY WELFARE: STUDI PADA IBU RUMAH TANGGA DI KELURAHAN SERUA INDAH KECAMATAN CIPUTAT YANG BEKERJA SEBAGAI PEDAGANG BUSANA

Authors

  • UBAID AL FARUQ Universitas Pamulang
  • PURINDA PUTRI NUR ESA Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/pekobis.v3i1.P1-16.1227

Abstract

ABSTRAK

 

Seorang Ibu Rumah Tangga tidak hanya memiliki berperan menjadi Ibu Rumah Tangga yang mengurus pekerjaan rumah tetapi banyak Ibu Rumah Tangga yang bekerja untuk membantu perekonomian keluarga. Hal itu dilakukan demi terpenuhinya kesejahteraan ekonomi keluarga,kesejahteraan sosial keluarga, dan kesejahteraan fisik keluarga untuk mencapai kesejahteraan dalam keluarga.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesejahteraan keluarga (family welfare), ditinjau dari kesejahteraan ekonomi, sosial, fisik dan psikologi dalam keluarga Ibu Rumah Tangga di Kelurahan Serua Indah, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan yang bekerja sebagai pedagang busana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu observasi partisipatif, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa peran ganda ibu rumah tangga yang melakukan kegiatan usaha berdagang busana dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga dengan implementasi pada kesejahteraan ekonomi keluarga seperti terpenuhinya kebutuhan akan sandang, pangan, dan papan, serta meningkatnya kebutuhan fisik seperti kesehatan keluarga, meningkatnya kebutuhan sosial seperti terpenuhinya pembiayaan pendidikan anak dan untuk kesejahteraan psikologi tetap menjaga keimanan dan ibadah keluarga meskipun juga sering terjadi kurangnya waktu untuk berkumpul bersama keluarga, waktu untuk rekreasi bersama seluruh anggota keluarga karena memerlukan waktu lama dalam berinteraksi dengan konsumen yang juga kebanyakan adalah ibu-ibu rumah tangga.

 

Kata Kunci: Family Welfare, Sektor Ekonomi Informal, Ibu Rumah Tangga

Downloads

Published

2018-05-05

How to Cite

AL FARUQ, U., & NUR ESA, P. P. (2018). PERAN GANDA IBU RUMAH TANGGA PADA SEKTOR EKONOMI INFORMAL UNTUK MENINGKATKAN FAMILY WELFARE: STUDI PADA IBU RUMAH TANGGA DI KELURAHAN SERUA INDAH KECAMATAN CIPUTAT YANG BEKERJA SEBAGAI PEDAGANG BUSANA. Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 3(1), 1–16. https://doi.org/10.32493/pekobis.v3i1.P1-16.1227

Issue

Section

Articles