PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI KELAS X PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK LEBAK BULUS TAHUN AJARAN 2016/2017

Authors

  • AMIN KUNEIFI ELFACHMI Universitas Pamulang
  • KATIRAH KATIRAH SMK Lebak Bulus

DOI:

https://doi.org/10.32493/pekobis.v3i1.P100-114.1233

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment yang telah dilaksanakan pada kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran 1 dan 2. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran 1 yang berjumlah 22 peserta didik dan peserta didik kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran 2 yang berjumlah 22 peserta didik. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes, angket, wawancara, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data menggunakan analisi butir soal, uji daya beda, validitas, independent t-test dan dependent t-test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together dengan kelompok peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran pengantar akuntansi kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran 1 (experiment) tahun ajaran 2016/2017. Hal ini dapat dilihat melalui hasil belajar materi pengantar akuntasi kelas X Program Keahlian Administrasi 1 (experiment) dan kelas X Program Keahlian Administrasi 2 (kendali) dimana hasil belajar pre test kelas experiment menunjukan nilai hasil belajar sebesar 23,75 < dari hasil belajar post test kelas experimen yang menunjukan nilai hasil belajar sebesar 67,15, sedangkan hasil belajar pre test kelas kendali menunjukan nilai hasil belajar sebesar 19,60 < dari hasil belajar post test kelas kendali yang menunjukkan nilai sebesar 60,27.

Dalam proses belajar mengajar, sebaiknya pendidik menggunakan model-model pembejaran yang bervariasi, tidak hanya mengguanakan metode ceramah dan diskusi saja akan tetapi dapat menggunakan model-model pembelajaran kooperatif selain itu pendidik harus bisa lebih dekat dengan peserta didiknya jangan hanya menggugurkan kewajiban mengajar di sekolah.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together, Hasil Belajar

Downloads

Published

2018-05-05

How to Cite

ELFACHMI, A. K., & KATIRAH, K. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI KELAS X PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK LEBAK BULUS TAHUN AJARAN 2016/2017. Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 3(1), 100–114. https://doi.org/10.32493/pekobis.v3i1.P100-114.1233

Issue

Section

Articles