Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Kreativitas Belajar Masa Pandemi Covid 19 Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Di SMA IT Yapira Rumpin Bogor
DOI:
https://doi.org/10.32493/pekobis.v6i2.P42-49.18577Keywords:
Lingkungan Belajar, Kreativitas Belajar, Masa Pandemi Covid 19, Belajar EkonomiAbstract
The purpose of the study was to analyze the significant influence between the Learning Environment during the Covid-19 pandemic and learning creativity during the Covid-19 pandemic on the economics learning outcomes of class X students at SMA IT YAPIRA Rumpin Bogor. Meanwhile, the research methodology used was a quantitative approach with association methodology. The implementation of the research was carried out using initial observations to see the condition of students at SMA IT Yapira Rumpin Bogor directly, documentation in the form of economic learning outcomes through teachers in the field of study and questionnaires. Sampling was drawn at population of 60 students and using random sampling technique, then a sample of 52 students was taken. The results showed that there was a positive influence of the learning environment and learning creativity on the economics learning outcomes of class X students at SMA IT Yapira Rumpin Bogor.
References
Aini, Pratistya Nor dan Taman, Abdullah, (2012), “Pengaruh Kemandirian Belajar dan lingkungan Belajar siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011â€. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol X, No.1, Tahun 2012:48-65.
Ali, Mohammad & Asrori, Mohammad. 2011. Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Ambarita, Rufmana, 2016. Pengaruh Lingkungan Sekolah dan motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di kelas XI IS SMA Parulian 2 Medan T.A.2015/2016.Medan: Skripsi FE Universitas Negeri Medan.
Arif Rohman. (2009). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan.Yogyakarta: LaksBang Mediatama.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. (Suatu Pendekatan Praktek) Jakarta:Rineka Cipta.
Budiyono. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jawa Tengah: UNS (UNS Press).
Dalyono, (2005). Psikologi Pendidikan.Jakarta:Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Endang Krisnawati, 2012 Kreativitas Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Divergen Berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa. MATHEdunesa, 1.1 ejournal.unesa.ac.id.ISO 690.pp.3.
Martinis Yamin. (2007). Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.
Muhibbin Syah. (2005). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru Bandung: Rosda Karya.
Nana Syaodih Sukmadinata. (2004). Landasan Psikologi Proses Pendidikan Bandung:Remaja Rosda Karya
Oemar Hamalik. (2003). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru. PT. Bumi Aksara.
Rino Richardo. 2014. Tingkat Kreativitas Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Divergen Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Surakarta Universitas Sebelas Maret. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Volume 2 Nomo 2, April 2014. E-ISSN:2339-1685. Hal 141-151
Sidablok, Daniel. 2014. Pengaruh Disiplin dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi siswa Kelas X IPS SMA sawasta Prulian 2. Medan: Gelombang T.P 2009/2010. Surakarta:Universitas sebelas Maret. Wibowo, Agus. 2017. Hubungan Kreativitas , Efikasi Diri dan Interaksi Berwirausaha Pada MahaSiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis Volume 5 Nomor 2, Oktober 2017. E-ISSN:2302-2663. Hal 142-167.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta:PT. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2010). Stastitika Untuk Penelitian. Bandung: CV.Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik (edisi revisi VI). Jakarta:Rineka Cipta.
Sumadi Suryabrata. (2004). Psikologi Pendidikan. Jakarta: CV.Rajawali Pers.
Supardi. (2013). Stastitika Dalam Penelitian. Jakarta:Change Publication.
Sutrisno Hadi. (2004). Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset.
Yamin, Martinis. 2011. Paradigma baru Pembelajaran. Jakarta:Gaung Persada (GP) Press Jakarta.