Determinasi Financial Literacy dan Penggunaan Fintech terhadap Peningkatan Produktivitas UMKM Purbalingga Dimasa Pandemi Covid-19

Authors

  • Shella Rizqi Amelia Universitas Perwira Purbalingga
  • Reza Rahmadi Hasibuan Universitas Perwira Purbalingga

DOI:

https://doi.org/10.32493/pekobis.v7i1.P1-11.20264

Keywords:

Financial Literacy, Fintech, Produktivitas, UMKM

Abstract

UMKM mendapati permasalah pada masa pandemi covid-19 dengan penurunan penjualan UMKM. Berbagai upaya dilakukan agar kebelangsungan usaha para pelaku UMKM tetap bertahan meskipun kondisi sedang tidak memungkinkan. Financial literacy merupakan hal yang tidak mungkin dapat dipisahkan pada kehidupan manusia dikarenakan literasi keuangan adalah alat yang sangat berguna dalam membuat informasi pada keputusan keuangan. Memanfaatkan teknologi keuangan seperti fintech akan sangat membantu UMKM dalam melakukan aktivitas keuangan seperti transaksi keuangan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengukur dan mengidentifikasi tingkat dari literasi keuangan dan pemanfaatan dari fintech terhadap peningkatan produktivitas UMKM di Purbalingga. Penelitian asosiatif digunakan dalam penelitian ini dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling pada komunitas Muslimah Etrepreneur. Yakni salah satu komunitas yang bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Purbalingga yang beranggotakan banyak UMKM di Purbalingga pada kriteria UMKM yang sudah memanfaatkan penggunaan fintech serta telah memanfaatkan pelayanan perbankan. Metode pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan penambahan analisis kualitatif. Temuan dari penelitian ini adalah financial literacy memiliki pengaruh terhadap peningkatan produktivitas UMKM dan fintech memiliki pengaruh terhadap peningkatan produktivitas UMKM.

References

Çiflikli, C., & Kahya-Özyirmidokuz, E. (2012). Enhancing product quality of a process. Industrial Management and Data Systems, 112(8), 1181–1200. https://doi.org/10.1108/02635571211264618

Dillareta, I. S., & Wuryani, E. (2021). Pengaruh Corporate Social Responbility ( CSR ) Terhadap Tax Avoidance. Jurna Riset Akuntansi Dan Keuangan, 4(1), 84–94.

Fionasari, D., Savitri, E., & Andreas, A. (2017). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Agresivitas Pajak (Studi pada Perusahaan yang Listing di Bursa Efek Indonesia). Sorot, 12(2), 95. https://doi.org/10.31258/sorot.12.2.4557.

Handayani, H., Soerono, A. N., & Ramdhani, D. (2018). Pengaruh Agresivitas Pajak Terhadap Corporate Social Responsibility Dengan Variabel Kontrol Return on Asset Dan Leverage. Tirtayasa Ekonomika, 13(1), 162. https://doi.org/10.35448/jte.v13i1.4236.

Hasibuan, R. R. (2021a). Anteseden Repurchase Intention Aplikasi Shopee Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi Di Kabupaten Banyumas. 16(2), 253–265.

Hasibuan, R. R. (2021b). Tenaga Penjual Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Import Oriflame Di Spo 1507. 1–12.

Hasibuan, R. R., Setyanugraha, R. S., Amelia, S. R., Arofah, A. A., & Pratiwi, A. R. (2021). Reza Rahmadi Hasibuan, 2 R. Satria Setyanugraha, 3 Shella Rizqi Amelia, 4 Anastasia Anggarkusuma Arofah, 5 Agustin Riyan Pratiwi. 9(1), 107–111.

Manajemen, J. E. (2020). Anteseden Loyalitas Konsumen Dari Pemberian Layanan Produk Internet Pt . Laxo. 5(Mei 2019), 21–30. Ngo, Q. H. (2021).

How market orientation induces small businesses’ performance: the role of strategic fits. Gadjah Mada International Journal of Business, 23(1), 55–75. https://doi.org/10.22146/GAMAIJB.60623.

Setyanugraha, R. S., Fitriana, A., & ... (2021). Festival Wisata Online Sebagai Bentuk Komunikasi Pemasaran Dan Peningkatan Kinerja Keuangan UMKM Di Masa Pandemi Covid-19. AGUNA: Jurnal …, 2(2), 54–62. https://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/AGUNA/article/view/1335.

Shetty, S. J., Chaudhuri, M. S., & Shetty, A. (2021). The influence of cause-related marketing on millennials’ purchase intentions: Evidence of CSR from an emerging economy. Gadjah Mada International Journal of Business, 23(2), 137–154. https://doi.org/10.22146/gamaijb.55069.

Wilson, N., Keni, K., & Tan, P. H. P. (2019). The effect of website design quality and service quality on repurchase intention in the E-commerce industry: A cross continental analysis. Gadjah Mada International Journal of Business, 21(2), 187–222. https://doi.org/10.22146/gamaijb.33665.

Downloads

Published

2022-07-09

How to Cite

Amelia, S. R., & Hasibuan, R. R. (2022). Determinasi Financial Literacy dan Penggunaan Fintech terhadap Peningkatan Produktivitas UMKM Purbalingga Dimasa Pandemi Covid-19. Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.32493/pekobis.v7i1.P1-11.20264

Issue

Section

Articles