PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SMA PGRI 109 KOTA TANGERANG

Authors

  • SOFFI SOFFIATUN Universitas Pamulang
  • BADRIANAH BADRIANAH Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/pekobis.v3i2.P60-73.2045

Abstract

ABSTRAK

 

Kompetensi guru merupakan suatu keterampilan yang wajib dimiliki oleh setiap guru untuk menunjang pelaksanaan kegiatan profesinya sebagai tenaga pendidik. Kompetensi tersebut mencakup kompetensi pedagogis, sosial, kepribadian dan profesional sebagai suatu kesatuan. Dengan adanya kompetensi tersebut diharapkan guru dapat memotivasi siswa untuk belajar lebih baik, sehingga hasil belajar yang diharapkan berupa pencapaian yang memuaskan. Penelitian ini mengkaji mengenai pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI.Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA PGRI 109 Kota Tangerang.

            Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang dihasilkan oleh kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di kelas XI. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif, yaitu pencatatan dan penganalisaan data melalui perhitungan statistik terhadap masalah yang sedang terjadi sekarang ini. Adapun pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket, wawancara, dokumentasi dan observasi lapangan.

            Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa: 1) Tingkat kompetensi guru di SMA PGRI 109 Kota Tangerang sesuai distribusi data yang diperoleh berada ditingkat yang  baik. 2) Hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas XI SMA PGRI 109 Kota Tangerang berdasarkan hasil angket dan data nilai siswa menunjukan hasil yang baik. 3) Terdapat pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas XI SMA PGRI 109 Kota Tangerang dengan angka koefisien regresi sebesar 0,186 dan thitung 5,109 > ttabel 1,664. Pengaruh yang dihasilkan oleh kompetensi guru terhadap hasil belajar adalah sebesar 18,1% dengan R Square 0,181.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa sebesar 18,1% sedang sisanya 81,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini.

 

Kata Kunci: Kompetensi Guru, Hasil Belajar

Downloads

Published

2018-11-19

Issue

Section

Articles