Pengaruh Media Sosial dan Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha

Authors

  • Erva Puspita Rahayu STKIP PGRI Jombang
  • Shanti Nugroho Sulistyowati STKIP PGRI Jombang

DOI:

https://doi.org/10.32493/pekobis.v7i1.P12-23.20905

Keywords:

Media Sosial, Pengetahuan Kewirausahaan, Minat Berwirausaha

Abstract

Tujuan dari penelitian yaitu mengetahui, 1)pengaruh parsial media sosial terhadap minat berwirausaha,2)pengaruh parsial pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha, 3)pengaruh secara simultan media sosial dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa STKIP PGRI Jombang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dimana menggunakan analisis regresi linier berganda sebagai pendekatannya. Jumlah populasi sebanyak 295 mahasiswa aktif, diambil dengan teknik proportional random sampling. Sampel penelitian sebanyak 75 mahasiswa, diambil secara proporsional dari enam program studi. Temuan penelitian menunjukkan: 1) Sosial media berpengaruh terhadap minat wirausaha mahasiswa; 2) Pengetahuan kewirausahaan berpengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa; 3) Sosial media dan pengetahuan kewirausahaan berpengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa STKIP PGRI Jombang, dilihat dari uji simultan dimana sig 0,00 < 0,05.

References

Abdullah, D., & Septiany, F. R. (n.d.). PENGARUH MOTIVASI DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN. 316–331.

Anggraeni, A., & Purba, M. A. (n.d.). No Title.

Aprilia, R., Sriati, A., & Hendrawati, S. (2018). Tingkat Kecanduan Media Sosial pada Remaja. 3(1), 41–53.

Dan, P., & Pembelajaran, T. (2021). Peluang dan tantangan pembelajaran digital di era industri 4.0 menuju era 5.0 â€. 1, 381–394.

Ekonomi, F., Ngurah, U., & Denpasar, R. (2020). ISSN : 2337-3067 PENGARUH TINGKAT PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMAN PERGURUAN TINGGI DI KOTA DENPASAR.

Sumerta et al ., 2019 . Mengembangkan kreativitas dalam berwirausaha terutama di kalangan mahasiswa ( Kompas . com , 2016 ). 7, 627–652.

Entrepreneurship, A., Bangsa, T., & Mcclelland, M. D. (2012). MAHASISWA DI LINGKUNGAN PERGURUAN TINGGI. 68–72.

Jaya, U. B. (n.d.). Rencana Strategi Dalam Menerapkan Pendidikan Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi Melalui Proses Pembelajaran yang.

Journal, D., Education, O., Interdiana, A., Sari, C., Karlina, E., & Rasam, F. (2021). Peran pendidikan kewirausahaan dan motivasi berwirausaha dalam menumbuhkan sikap mental kewirausahaan peserta didik. 7(2), 403–412.

Koranti, K. (2013). ANALISIS PENGARUH FAKTOR EKSTERNAL DAN INTERNAL. 5(1998), 8–9.

Laugu, N. (2020). Eksistensi Media Sosial , Youtube , Instagram dan Whatsapp Ditengah Pandemi Covid-19 Dikalangan Masyarakat Virtual Indonesia. 4(1), 41–57.

Lenaini, I., Islam, U., Raden, N., & Palembang, F. (2021). TEKNIK PENGAMBILAN SAMPEL PURPOSIVE DAN. 6(1), 33–39.

Pendidikan, D. I., & Dan, D. (2014). Model Pendidikan Kewirausahaan di Pendidikan Dasar dan Menengah –Endang Mulyani. 20, 1–18.

Pendidikan, T., & Pembelajaran, D. A. N. (2015). Jurnal Dinamika Manajemen. 6(1), 97– 120.

Prasetyo, P. E. (2018). PERAN STRATEGIS KEWIRAUSAHAAN DALAM MENDUKUNG. 84–94.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI ( Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House ). 3.

Rahayu, E. S., Laela, S., & Berwirausaha, M. (2018). Pengaruh minat berwirausaha dan penggunaan sosial media terhadap kewirausahaan mahasiswa. 20(03), 203–216.

Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. 5(20), 7164–7169.

Sidiq, F. (n.d.). MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL PADA DAERAH. 69–76.

Simbolon, N. (2014). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 1(2), 14–19.

Shanty, M., & Jombang, P. (2020). PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA 14, 275–280. https://doi.org/10.19184/jpe.v14i2.19526.

Downloads

Published

2022-07-01

Issue

Section

Articles