Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Aplikasi E-Learning pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Materi Perpajakan
DOI:
https://doi.org/10.32493/pekobis.v7i1.P48-55.20948Keywords:
Development, Teaching Materials, E-LearningAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan bahan ajar yang interaktif, efektif, dan efisien dalam melaksanakan proses pembelajaran. Bahan ajar tersebut berupa aplikasi E-Learning yang digunakan dalam menyajikan materi pembelajaran ekonomi perpajakan kelas XI pada salah satu Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) atau penelitian pengembangan dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Penggunaan bahan ajar berbasis aplikasi E-Learning ini diharapkan dapat membantu permasalahan pendidikan yang dirasakan oleh peserta didik dan guru. Terlebih di masa pandemi covid-19 ini mayoritas peserta didik merasa kurang memahami materi pembelajaran dan cenderung bosan dengan metode pembelajaran yang sering digunakan. Dengan menggunakan aplikasi E-Learning dalam melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar, peserta didik dapat mengakses materi tanpa terbatas waktu dan tempat, serta dapat diakses dengan mudah menggunakan handphone.
References
Husada, S. P., Taufina, T., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Metode Visual Storytelling di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 419–425. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.373.
Ninawati, M., Burhendi, F. C. A., & Wuladari. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Software iSpring Suite 9. Jurnal Educato, 7(1), 2021.
Nurdyansyah, & Mutala’liah, N. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Guru Madrasa Ibtida’iyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 41(20), 1–15.
Wijayanti, P. S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Digital Bahasa Inggris Matematika Dengan Bantuan Videoscribe Melalui E-Learning. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 147–156. https://doi.org/10.30738/.v6i2.1566.
Wirayasa, I. D. G. P., Darmayasa, I. P., & Satyawan, I. M. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Ranah Kognitif Model 4D Pada Materi Sepak Bola Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 8(3), 81. https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.3376