Determinasi Faktor Psikologik, Sosial dan Finansial pada Kepuasan Kerja Tenaga Edukatif Akademi Keperawatan Universitas Muhammadiyah Purwokerto
DOI:
https://doi.org/10.32493/pekobis.v7i1.P24-36.22275Keywords:
Faktor Psikologis, Sosial, Finansial, Kepuasan KerjaAbstract
Guru terbaik dalam memikirkan kepuasan kerja, sikap menyenangkan sebagai bentuk reaksi emosional terhadap sikap positif dan negatif yang berpengaruh secara emosional, dan pencapaian tugas pendidikan, pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Ada banyak hal yang dipengaruhi kepuasan dari kerja, diantaranya merupakan faktor psikologis, finansial dan sosial. Analisis pengaruh faktor psikologis, ekonomi dan sosial pada kepuasan kerja guru pada Akademi Keperawatan Muhammadiyah Purwokerto merupakan tujuan untuk jalannya penelitian ini. Metode survei menggunakan pendekatan survei kuantitatif, dan kuesioner diberikan kepada responden yaitu para pengajar (tenaga kependidikan). Analisis data menggunakan analisis regresi logistik berharap bisa memperlihatkan hal yang dominan berpengaruh pada kinerja instruktur dengan mengkaji pemodelan persamaan regresi. Hasil pada penelitian ini bahwa: (a) faktor psikologis berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja. (b) faktor sosial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja. (c) faktor finansial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja.References
Abdelfattah, T., & Aboud, A. (2020). Tax avoidance, corporate governance, and corporate social responsibility: The case of the Egyptian capital market. Journal of International Accounting, Auditing and Taxation, 38, 100304. https://doi.org/10.1016/j.intaccaudtax.2020.100304.
Batra, R., & Sinha, I. (2018). Consumer-Level Factors Moderating The Success. Journal of Retailing, 76(2), 175–191.
Hasibuan, R. R., & Pratiwi, A. R. (2021). Anteseden Repurchase Intention Aplikasi Shopee Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi Di Kabupaten Banyumas. Tirtayasa Ekonomika, 16(2), 253-265.
Hasibuan, R. R. (2021). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI, DAN TENAGA PENJUAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK IMPORT ORIFLAME DI SPO 1507. JURNAL EKONOMI, 11(2), 1-12.
Hasibuan, R. R., Setyanugraha, R. S., Amelia, S. R., Arofah, A. A., & Pratiwi, A. R. (2021). Penyuluhan Pemanfaatan Air Nira Pohon Kelapa Menjadi Gula Semut untuk Meningkatkan Perkonomian Desa Kuripan Kabupaten Cilacap. ETHOS: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 9(1), 107-111.
Hasibuan, R. R., & Setyanugraha, R. S. (2021). IMPACT OF THE COMPANY'S SERVICE QUALITY DIMENSION ON CUSTOMER CUSTOMER SATISFACTION AT IMALEZ MULTY CORP COOPERATIVE. Perwira International Journal of Economics & Business, 1(1), 19-28.
Herrmann, A., Xia, L., Kent, M. B., & Huber, F. (2017). The influence of price fairness on customer satisfaction: An empirical test in the context of automobile purchases. Journal of Product and Brand Management, 16(1), 49–58. https://doi.org/10.1108/10610420710731151.
Manajemen, J. E. (2020). Anteseden Loyalitas Konsumen Dari Pemberian Layanan Produk Internet Pt . Laxo. 5(Mei 2019), 21–30.
Munnukka, J. (2018). Customers’ purchase intentions as a reflection of price perception. Journal of Product and Brand Management, 17(3), 188–196. https://doi.org/10.1108/10610420810875106.
Pratiwi, W. (2021). The Influence of Corporate Governance Mechanism, Accounting Conservatism, And Company Size on Earnings Quality. Journal of Economics, Finance and Management Studies, 04(01). https://doi.org/10.47191/jefms/v4-i1-04.
Rosalina, L., Hairunnisa, H., Annisa, A., Islam, A. I., & Leon, F. M. (2021). Pengaruh Kinerja Keuangan, Struktur Modal, Dan Tata Kelola Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bei. Jurnal Ekonomi : Journal of Economic, 12(02). https://doi.org/10.47007/jeko.v12i02.4400.
Septianto, N. A., & Dul, M. (2020). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Penghindaran Pajak Perusahaan. Diponegoro Journal of Accounting, 9(4), 111–123.
Setyanugraha, S., & Hasibuan, R. R. (2020). ANTESEDEN LOYALITAS KONSUMEN DARI PEMBERIAN LAYANAN PRODUK INTERNET PT. LAXO. Jurnal Ekonomi Manajemen, 6(1), 21-30.