Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini melalui Kegiatan Mendongeng pada Kelompok A di TK Islam Adifa Ciledug Kota Tangerang Banten
DOI:
https://doi.org/10.32493/pekobis.v7i2.P81-91.23448Keywords:
Mendongeng, Kemampuan Berbicara, Anak Usia DiniAbstract
Tujuan dari pembahasan penelitian ini yaitu ingin mengetahui bagaimana mendongeng dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak didik kelompok A di TK Islam Adifa Ciledug Tangerang Banten susai dilakukan tindakan. Penelitian tindakan kelas (Class Action Research) menjadi pilihan sebagai metode dalam penelitian ini, dengan populasi seluruh anak di TK Islam Adifa Ciledug Tangerang Banten yang berjumlah 20 orang. Teknik analisis data yang penulis lakukan yaitu analisis deksriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian tindakan kelas ini diperoleh kesimpulan bahwa adanya peningkatan dalam kemampuan berbicara anak ketika sesudah diterapkannya kegiatan mendongeng pada anak didik khususnya kelompok A di Taman Kanak-kanak Islam Adifa Ciledug Tangerang Banten. Dengan kegiatan mendongeng, guru bisa meningkatkan kemampuan bercerita anak didik khususnya kelompok A Taman Kanak-kanak Islam Adifa Ciledug Tangerang Banten. Peningkatan terjadi pada anak yaitu dapat mengucapkan kata-kata, memiliki kosakata dan membentuk kalimat. Dengan kegiatan mendongeng dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A TK Islam Adifa Ciledug Tangerang Banten, ini dapat dilihat dari meningkatknya daya serap siswa terhadap pembelajaran meningkat sangat baik yaitu 17 anak (85%) pada aspek mengucapkan kata, diperoleh 16 anak (80%) pada aspek kosakata, diperoleh 15 anak (75%) pada aspek membentuk kalimat.
References
Alfatihaturrohmah, A., Mayangsari, D., & Karim, M. B. (2018). Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di TK X Kamal. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2), 101–109. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i2.4885
Almadhea, D. R., Idah, S. A., & Rohmah, A. L. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Aplikasi E-Learning pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Materi Perpajakan. 7(1), 48–55.
F, A. M., Sumardi, S., & Elan, E. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Menggunakan Boneka Tangan Pada Kelompok B Di Tk Plus Salsabil Kabupaten Cirebon. Jurnal Paud Agapedia, 3(1), 11–23. https://doi.org/10.17509/jpa.v3i1.26664
Fahruddin, Rachmayani, I., Astini, B. N., & Safitri, N. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 49–53. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1378
Jannah, M., & Hasanah, U. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B Di Paud Terpadu Teratai Unm Makassar. Instruksional, 1(1), 25. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.1.25-31
Khoiriyah, K., & Rachman, A. U. (2019). Bercakap-cakap sebagai Metode Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak. Journal of Early Childhood Care and Education, 2(1), 38. https://doi.org/10.26555/jecce.v2i1.567
Muyasaroh, S. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Media Kartu Kata Bergambar Pada Anak Usia 3-4 Tahun Kb Sps Nur Amin Ridwan Gadingmangu Jombang. PAUD Teratai, 7(1), 73–74.
Nur Tanfidiyah, & Ferdian Utama. (2019). Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(3), 9–18. https://doi.org/10.14421/jga.2019.43-02
Nurfadilah, Baik, Nilawati Astini, Fahruddin, N. (2020). Pemanfaatan Film Animasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, 1(4), 146–14. https://pubs.acs.org/doi/10.1021/acs.chemmater.1c04033
Nurjanah, Ayu Putri., Anggraini, G. (2013). Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. J. Leukoc. Biol, 96(1), 365–375. www.jleukbio.org
Rambe, A. M., Sumadi, T., & Meilani, R. S. M. (2021). Peranan Storytelling dalam Pengembangan Kemampuan Berbicara pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2134–2145. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1121
Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275
Sablez, L., & Pransiska, R. (2020). Analisis Pengaruh Mendongeng terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 3550–3557. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/892
Sulistyawati, R., & Amelia, Z. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Media Big Book. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 2(2), 67. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v2i2.582
Wahdaniyah, S., & Surasni, S. (2021). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Kreativitas Belajar Masa Pandemi Covid 19 Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Di SMA IT Yapira Rumpin Bogor. Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 6(2), 42. https://doi.org/10.32493/pekobis.v6i2.p42-49.18577