Meningkatkan Kecerdasan Verbal Linguistik pada Anak Usia 5 – 6 Tahun Melalui Media Big Book di TK Islam Pelangi Ciledug Tangerang Banten
DOI:
https://doi.org/10.32493/pekobis.v7i2.P116-125.23604Keywords:
Early Childhood, Big Book, Verbal Linguistic IntelligenceAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan kecerdasan verbal linguistik anak didik di TK Islam Pelangi Ciledug Tangerang Banten setelah menjalani intervensi atau treatment dengan menggunkaan Big Book. Belum maksimalnya kecerdasan verbal linguistik anak didik di TK Islam Pelangi Ciledug Tangerang Banten menjadi permasalahan bagi guru. Hal ini dikarenakan belum maksimalnya pembelajaran oleh guru khusunya dalam upaya meningkatkan kecerdasan verbal linguistik.. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dari total populasi 15 anak di TK Islam Pelangi Ciledug Tangerang Banten. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa media Big Book mampu menghasilkan peningkatan kecerdasan verbal lingustik anak didik pada usia 5-6 tahun di TK Islam Pelangi Ciledug Tangerang Banten. Artinya kemampuan anak meningkat dalam hal kemampuan berkomunikasi dengan orang lain, mampu mengarang cerita menggunakan Big Book, bisa menghubungkan cerita yang dituturkan guru dan dapat menyampaikan pengalamannya. Guru dapat meningkatkan kecerdasan bidang verbal linguistik anak dengan memanfaatkan media Big Book. Hasil ini terlihat dari peningkatan kemampuan belajar siswa yang meningkat sangat baik dari pra siklus hingga siklus kedua yaitu 0% untuk pra siklus, 13,33% untuk siklus kesatu, 84% untuk siklus kedua.
References
Almadhea, D. R., Idah, S. A., & Rohmah, A. L. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Aplikasi E-Learning pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Materi Perpajakan. 7(1), 48–55.
Andre Rachman Diansyah, Dudu Suhandi Saputra, Y. D. K. (2019). Media Pembeljaaran Big Book Sebagai Penunjang Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 181–189.
Ardiyani, R. S. (2017). Prosiding Seminar Nasional Pg Paud Untirta 2017 Ketahanan Pangan Keluarga Dalam Rangka Pemenuhan Gizi dan Optimalisasi Perkembangan Otak Anak Usia Dini. Seminar Nasional PAUD, 2017, 168–174. http://semnaspgpaud.untirta.ac.id/index.php/%0Ae-ISSN
Elfiran, Munir, A., & Hente, M. A. (2019). Meningkatkan Kemampuan Mengungkapkan Bahasa melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Big Book di Kelompok B TK Al-Muttaqiin Palu. Early Childhood Education Indonesian Journal, 2(2), 2345–2353.
Fitriani, D., Fajriah, H., & Rahmita, W. (2019). Media Belajar Big Book dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Reseptif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 247. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.197
Hartati, A., Sumarni, S., & Syafdaningsih. (2018). Pengembangan Media Big Book Berbasis Dongeng Sumatera Selatan Pada Anak Kelompok B Di Paud. Jurnal Tumbuh Kembang, 5, 1–14.
Hilda Hadian, L., Mochamad Hadad, S., & Marlina, I. (2018). Penggunaan Media Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kalimat Sederhana. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4(2), 212–242. https://doi.org/10.36989/didaktik.v4i2.73
Kristina, T., Elena, & Rahman, T. (2020). Verbal Linguistik Anak Pada Kelompok B. Jurnal PAUD Agapedia, 4(2), 314–323.
M. Amin, Choirotun Nisa’, & Bachtiar Hariyadi. (2021). Analisis Penggunaan Big Book Terhadap Literasi Membaca Peserta Didik Berkecerdasan Visual di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Waru 1 Sidoarjo. Jurnal Al-Murabbi, 7(1), 126–133. https://doi.org/10.35891/amb.v7i1.3096
Nur Tanfidiyah, & Ferdian Utama. (2019). Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(3), 9–18. https://doi.org/10.14421/jga.2019.43-02
Oktaviana, N. F., & Wuryandani, W. (2019). Pengembangan media big book untuk meningkatkan perilaku moral anak usia 5-6 tahun. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(1), 32–40. https://doi.org/10.21831/jppm.v6i1.23371
Risnita, R., & Oktaviana, W. (2020). Asesmen Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini Melalui Media Bigbook. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 5(2), 239. https://doi.org/10.24014/potensia.v5i2.6575
Setyorini, R., Saddhono, K., Ermanto, Wildan, M., & Kirom, S. (2019). The Effort of Implementing of the Big Book as A Media to Improve the Intelligence of Linguistic Verbals for Early Childhood. Journal of Physics: Conference Series, 1339(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1339/1/012087
Soffi sofiatun dan Bandriah. (2018). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI SMA PGRI 109 Kota Tangerang, Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis,3(2).
Solihat, I.-. (2017). â€Fun Phisycs†sebagai Sarana Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini. Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 2(3), 77. https://doi.org/10.32493/pekobis.v2i3.p77-94.667
Soviani, D. (2018). Meningkatkan Kecerdasan Verbal Linguistik Anak Melalui Metode Bernyanyi di Tk Harapan Ibu Sikaladi Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar. 67.
Syeliviana Nishfi. (2019). Pengembangan Media Big Book dalam Pembelajaran Membaca Permulaan di Kelas I Sekolah Dasar Abstrak. Jpgsd, 2559–2569.
Windriyani, S., & Isnaningsih, A. (2022). Upaya Stimulasi Perilaku Kedisiplinan Melalui Metode Bercerita Big Book Berseri Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(1), 99–104. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.321