Peningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPA melalui Metode Mind Map Siswa SMP Negeri 9 Kota Tangerang Selatan

Authors

  • Muhtar Azis Rahman smpn9 tangsel

DOI:

https://doi.org/10.32493/pekobis.v7i1.P56-69.23785

Keywords:

Aktifitas, Hasil Belajar, Metode Mind Mapp

Abstract

Pada penelitian ini terdapat siswa yang menunjukan aktifitas rendah dan hasil belajar pada mata pelajaran IPA kurang dari yang diharapkan yaitu sesuai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatkan aktifitas dan hasil belajar IPA peserta didik pada pokok bahasan besaran dan satuan melalui Model Pembelajaran koperatif pada siswa kelas VII-1. Penelitian Tindakan kelas ini menggunakan metode mind mapp. Jumlah siklus yang dilaksanakan pada penelitian ini adalah 3 siklus, setiap siklus mencakup 4 tahap adalah perencanaan, pelaksanaan, observing dan refleksi. Penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktifitas dan hasil test belajar siswa mata pelajaran IPA kelas VII-1. Hal ini dibuktikan melalui hasil observasi aktifitas dan hasil test belajar pada setiap siklus yang selalu meningkat. Aktifitas siswa sebelum peneitian = 55%; siklus 1 =66,5%; siklus 2 = 83%. Jumlah rata-rata nilai yang dicapai pada sebelum siklus = 65; siklus 1 = 68; dan siklus 2 = 83.  Hasil penelitian menunjukan proses belajar IPA dengan menggunakan metode Mind Mapp dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa.

References

Anas, S. (2008). Pengantar Statistik Pendidikan.

ANGGARA, D. S. (2017). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Ekonomi Melalui Model Think Pair Share Dengan Media Powerpoint Pada Mahasiswa Kelas 03Pie Papendidikan Ekonomi Universitas Pamulang. Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 2(2), 12. https://doi.org/10.32493/pekobis.v2i2.p12-22.358

Arifin, G. F. M., & Indrayani, L. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13(1), 1. https://doi.org/10.23887/jjpe.v13i1.30540

gusnarisn wahab. (2021). teori-teori belajar dan pemeblajaran. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 3, Issue April).

Istiani, A., & Rahayu, S. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MIND MAPPING BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATERI KUBUS DAN BALOK.

METHA LUBIS. (2018). PENERAPAN METODE RESITASI DAN DRILL DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS PAMULANG. 1(V), 101–118.

Nawawi, H. H. (2005). Metode Penelitian Bidang Sosial.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

PEKOBIS Jurnal Pendidikan, E. dan B. I.-5142. (2020). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUALTERHADAP AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA PADA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI STKIP PGRI SUMBAR. 5(1).

Peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dengan metode problem based learning pada siswa kelas VIIA MTS Negeri Donomulyo Kulon Progo tahun pelajaran 2012/2013. (2014). 17(49).

Rahman, B., & Rahmaniati, R. (2018). (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Dengan Model Pembelajaran Mind Mapping Pada Kelas V SDN 1 Saka Lagun Kabupaten Kapuas Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 13(1), 1–10.

Rosna, A. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajar IPA di kelas IV SD Terpencil Bainaa Barat. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 04(6), 235–246.

Setyarini, D. (2019). Metode Pembelajaran Mind Map Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Anak Didik Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 30. https://doi.org/10.30659/pendas.6.1.30-44

suharsimi Arikunto, suhardjono supardi. (2021). penelitian tindakan kelas.

Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif Smk Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 111. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i1.8118

Syahidah, N. (2015). Metode Pembelajaran Mind Mapping sebagai Upaya Mengembangkan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Ekonomi. Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY, (pp. 108-117).

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621

Widiantono, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sd. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 199. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p199-213

Winarni, E. W. (2021). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Bumi Aksara.

Yamin, M. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta. Gaung Persada Press dan Center for Learning Innovation.

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Rahman, M. A. (2022). Peningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPA melalui Metode Mind Map Siswa SMP Negeri 9 Kota Tangerang Selatan. Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 7(1), 56–69. https://doi.org/10.32493/pekobis.v7i1.P56-69.23785

Issue

Section

Articles