Komitmen Terhadap Profesi Ditinjau dari Efikasi Diri dan Quality of Work Life (Studi Pada Dosen Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang)

Authors

  • Saiful Anwar Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/pekobis.v7i1.P70-80.24195

Keywords:

commitment to the profession, self-efficacy, quality of work life, SITOREM

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang bisa dilakukan dalam meningkatkan komitmen profesi dosen melalui efikasi diri dan kualitas hehidupan kerja. penelitian ini dilakukan pada dosen Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Pamulang dengan menggunakan menggunakan analisis SITOREM. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa komitmen profesi bisa ditingkatkan melalui penguatan efikasi diri & kualitas kehidupan kerja (Quality of Work life). Dan berdasarkan analisis SITOREM Berdasarkan hasil analisis SITOREM, dimensi yang perlu ditingkatkan adalah 1) dimensi magnitude yang terdiri dari indikator performance exposure (nilai loading factor 0,803) dan self instructed performance (nilai loading factor 0,870); 2) dimensi strength yang terdiri dari indikator attribution (nilai loading factor 0,944) dan relaxation biofeedback (nilai loading factor 0,934). Oleh karena itu dengan meningkatnya indikator-indikator tersebut akan berpengaruh terhadap peningkatan komitmen dosen sedangkan variabel kualitas kehidupan kerja, dimensi yang perlu ditingkatkan adalah 1) dimensi job design (nilai loading factor 0,902) yang terdiri dari indikator kewenangan bekerja mandiri, kebebasan menggunakan pengetahuan dan pengetahuan baru dan kebebasan menyelesaikan tugas secara mandiri; 2) dimensi work balance (nilai loading factor 0,934) yang terdiri dari indikator keseimbangan waktu, kehidupan professional mendukung kehidupan pribadi dan kehidupan pribadi mendukung kehidupan professional; 3) dimensi Health, stress dan safety (nilai loading factor 0,940) yang terdiri dari indikator kesehatan, stress dan keamanan. Berdasarkan hasil penelitian disarankan dekan dan ketua program studi untuk segera merumuskan ulang kebijakan SDM performance exposure, self instructed performance, attribution dan relaxation biofeedback melalui kegiatan outbond, retraining dan workshop dan mempertahankan kebijakan-kebijakan terkait dengan  job design, work balance dan  health, stress dan Safety.

References

Adiawaty, S. (2020). Pandemi Covid-19 dan Kinerja Dosen (Study Kasus Kinerja Dosen pada PT XYZ). Esensi: Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 185–191.

Ahmadi, F., Salavati, A., & Rajabzadeh, E. (2012). Survey Relationship Between Quality of Work Life and Organizational Commitment in Public Organization in Kurdistan Province. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business, 4(1), 235–247.

Anwar, S. (2018). Analisa Time Based Conflict, Strain Cased Conflict Dan Behavior Based Conflict Pada Perempuan Yang Menjalankan Bisnis Keluarga. Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 3(2), 20. https://doi.org/10.32493/pekobis.v3i2.p20-29.2042

Anwar, S., Rubini, B., & Sunaryo, W. (2021). Effects of Self Efficacy and Job Satisfaction on The Improvement of Lecturers Professional Commitment. Turkish Journal of Computer and Mathematic Education, 12(13), 7240–7250.

Attri, A. K., & Devi, N. (2017). Relationship between professional commitment and self-efficacy of secondary teacher educators. International Journal of Advance Education and Research, 2(4), 42–44. http://www.alleducationjournal.com/archives/2017/vol2/issue4/2-4-30.

Bagtasos, M. R. (2011). Quality of work life: A review of literature. DLSU Business and Economics Review, 20(2), 1–8. https://doi.org/10.3860/ber.v20i2.1909

Bandura A. (1998). Self-Efficacy in V S Ramachaudran (Encycloped). Academic Press.

Creswell John W. (2016). Research Desain Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran (Edisi Terj). Pustaka Pelajar.

Drucker Peter F. (2001). The Esential Drucker (first). Harpercollins Publishers. Inc.

Fathi, J., & Rostami, E. S. (2018). Collective Teacher Efficacy, Teacher Self-efficacy, and Job Satisfaction among Iranian EFL Teachers: The Mediating Role of Teaching Commitment. Journal of Teaching Language Skills (JTLS), 37(2), 33–64. https://doi.org/10.22099/jtls.2019.30729.2572

Garcia, G. F. (2015). The Relationship Between Self-Efficacy and Employee Commitment Among Perfusionists This is to certify that the doctoral study by. Walden Dissertations and Doctoral Studies, 1–225.

Goswami, S., Mathew, M., & Chadha, N. K. (2007). Differences in occupational commitment amongst scientists in Indian defence, academic, and commercial R&D organizations. Vikalpa, 32(4), 13–27. https://doi.org/10.1177/0256090920070402

Habib, H. (2019). Professional Commitment of Secondary School Teachers in relation to their Self-Efficacy. Shanlax International Journal of Arts, Science and Humanities, 7(1), 35–38. https://doi.org/10.34293/sijash.v7i1.420

Permarupan, P. Y., Al-Mamun, A., & Saufi, R. A. (2013). Quality of work life on employees job involvement and affective commitment between the public and private sector in Malaysia. Asian Social Science, 9(7), 268–278. https://doi.org/10.5539/ass.v9n7p268

Richard Chinomona, Dhurup, R., & Chinomona, E. (2013). The influence of Quality of Work Life on Employee Job Satisfaction, Job Commitment and Tenure Intention in the Small and Medium Enterprise Sector. 1–31. https://www.google.com.gh/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=6&cad=rja&uact=8&ved=0CEAQFjAF&url=http://www.researchgate.net/profile/Richard_Chinomona/publication/255716390_The_influence_of_Quality_of_Work_Life_on_Employee_Job_Satisfaction_Job_Commitme

Rusmaini, R., & Rahayu, P. Y. (2020). Analisis Faktor-Faktor Penentu Prokrastinasi Akademik Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Di Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP Univ. Pamulang). Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 4(2), 1. https://doi.org/10.32493/pekobis.v4i2.p1-8.3944

Soewarto Hardhienata. (2017). The Development of Scientific Identification Theory to Conduct Operation Research in Education Management. IOP Conf. Series: Materials Science and Enginering.

Yuliati, L., & Anwar, S. (2021). Pengaruh Efikasi Diri Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 5(2), 69. https://doi.org/10.32493/pekobis.v5i2.p69-75.9639

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Anwar, S. (2022). Komitmen Terhadap Profesi Ditinjau dari Efikasi Diri dan Quality of Work Life (Studi Pada Dosen Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang). Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 7(1), 70–80. https://doi.org/10.32493/pekobis.v7i1.P70-80.24195

Issue

Section

Articles