Pengaruh Efikasi Diri dan Dukungan Sosial dalam Pembelajaran Daring Terhadap Stres Akademik (Studi Kasus pada Mahasiswa Semester VIII Fakultas Sosial Humaniora Universitas Bhinneka PGRI Tahun Akademik 2021/2022)

Authors

  • Nailariza Umami Universitas Bhinneka PGRI
  • Maria Aghata Sri W.H UNIVERSITAS BHINNEKA PGRI
  • Vivi Dwi Cahyani UNIVERSITAS BHINNEKA PGRI

DOI:

https://doi.org/10.32493/pekobis.v7i2.P106-115.24808

Keywords:

dukungan sosial, self-efficacy, stress akademik

Abstract

1) Penelitianxini bertujuan untukxmengetahuixpengaruhxefikasixdirixdanxdukungan sosialxterhadap stress akademik mahasiswa pada pembelajaran daring. 2) Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. 3) Teknikxanalisisxdataxyang dipergunakan yakni teknik analisis regresi linier berganda. 4) Penelitianxini memperoleh hasil bahwaxterdapatxpengaruhxsignifikanxvariabelxefikasixdiri serta dukungan sosial terhadap stress akademik secara simultan yang ditunjukkan oleh nilai Fhitung (19,285) > Ftabel (3,93) denganxtingkatxsignifikansix0,000 < 0,05. Efikasi diri terhadap stress akademik secara parsial nilai thitung (2.238) > ttabel (1.65936) dan tingkat signifikansi 0,027 < 0,05. Sehingga, disimpulkan terdapatxpengaruhxnegatifxdanxsignifikanxefikasixdiri terhadap stress akademik. Dukungan sosial terhadap stress akademik secara parsial nilai thitung (1,544) < ttabel (1,65936) dan tingkat signifikasi 0,149 > 0,05. Sehingga, disimpulkan adanya pengaruh signifikan dan pengaruh negatif antara dukungan sosial terhadap stress akademik.

References

Amelia, K., & Hadiwinarto. (2020). Hubungan antara Dukungan Sosial Dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa Kelas X IPS di SMA Negeri 2 Mukomuko. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.33369/consilia.v3i1.8288

Barseli, M., & Ifdil, I. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143.

Eryanti, F. (2012). Perbedaan Stres Akademik antara Kelompok Siswa Minoritas dengan Mayoritas di SMP WR Supratman 2 medan. Jurnal USU, 7(06), 145–162.

Hidayat, E. I., Ramli, M., & Setiowati, A. J. (2021). Pengaruh Self Eficacy, Self Esteem, Dukungan Sosial Terhadap Stres Akademik Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(4), 635. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i4.14728

Muhtar, N. S. C. (2021). Dukungan Sosial, Efikasi Diri Pembelajaran Daring dan Stres Akademik Mahasiswa pada Masa Pandemi Covid-19. Universitas Islam Indonesia.

Raisa, & Ediati, A. (2016). Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Resiliensi pada Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Wanita Semarang. Jurnal Empati, 5(3), 537–542.

Riyadi, I., & Anggraheny, K. R. (2022). Kesadaran Metakognitif, Keyakinan Efikasi Diri Selama Pembelajaran Daring: Study Deskriptif Mahasiswa Geografi. Jurnal Pendidikan: Riset&Konseptual, 6(1), 104–111. Diambil dari http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/452%0Ahttps://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/download/452/388

Wijaya, I. P., & Pratitis, N. T. (2012). Efikasi Diri Akademik, Dukungan Sosial Orangtua dan Penyesuaian Diri Mahasiswa dalam Perkuliahan. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 1(1), 40–52. https://doi.org/10.30996/persona.v1i1.14

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Umami, N., W.H, M. A. S., & Cahyani, V. D. (2022). Pengaruh Efikasi Diri dan Dukungan Sosial dalam Pembelajaran Daring Terhadap Stres Akademik (Studi Kasus pada Mahasiswa Semester VIII Fakultas Sosial Humaniora Universitas Bhinneka PGRI Tahun Akademik 2021/2022). Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 7(2), 106–115. https://doi.org/10.32493/pekobis.v7i2.P106-115.24808

Issue

Section

Articles