Efektivitas Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Poy Saefullah Zevender STKIP Pangeran Dharma Kusuma Segeran Juntinyuat Indramayu
  • Lutfi Rohmawati Institut Pangeran Dharma Kusuma
  • Via Nur Afifah Institut Pangeran Dharma Kusuma
  • Karmilah Institut Pangeran Dharma Kusuma

DOI:

https://doi.org/10.32493/pekobis.v8i2.P116-125.26749

Keywords:

Model TGT, Hasil Belajar Siswa.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menunjukkan bagaimana pembelajaran akuntansi menjadi lebih baik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament. Dalam studi ini, sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI dari SMK PGRI Jatibarang dari tahun akademik 2021–2022. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen semu. Data dalam penelitian ini didasarkan pada angket dan tes secara kuantitatif. Penelitian ini melibatkan 57 siswa SMK PGRI Jatibarang di Indramayu. Data yang digunakan dalam penelitian dianalisis menggunakan teknik statistik. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa di kelas eksperimen dan kontrol belajar lebih baik, dengan nilai t hitung 7,765 dan ttabel 2,026 atau thitung ≥ ttabel. Oleh karena itu, dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional, siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam belajar mereka.

References

Devrie, David dan Keath Edward. 1995. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Helmiati. 2012. Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pres.

Lovisia, Endang. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasisl Belajar. Spej (Science and Phsics Educatio Journal), STKIP PGRI Lubuklinggau. 1 (2)

Santoso, Sinngih. Statistik Nonparametrik: Konsep dan Aplikasi dengan SPSS, Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2014, hal. 82

Slavin, R. E. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Zevender, Poy Saefullah. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team Terhadap Hasil Belajar Siswa (Penelitian Eksperimen Quasi Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Kelas X di SMA Negeri 1 Gegesik Kabupaten Cirebon). Jurnal Sinau. 7 (2). 71-79.

Downloads

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles