Efektivitas Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.32493/pekobis.v8i2.P116-125.26749Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif, Team Game Tournament, Hasil Belajar SiswaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menunjukkan bagaimana pembelajaran akuntansi menjadi lebih baik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament. Dalam studi ini, sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI dari SMK PGRI Jatibarang dari tahun akademik 2021–2022. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen semu. Data dalam penelitian ini didasarkan pada angket dan tes secara kuantitatif. Penelitian ini melibatkan 57 siswa SMK PGRI Jatibarang di Indramayu. Data yang digunakan dalam penelitian dianalisis menggunakan teknik statistik. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa di kelas eksperimen dan kontrol belajar lebih baik, dengan nilai t hitung 7,765 dan ttabel 2,026 atau thitung ≥ ttabel. Oleh karena itu, dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional, siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam belajar mereka.
References
Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800
Amri, K., Arinjani, S. M., & Sutriyani, W. (2022). Analisis Penerapan Model TGT (Teams, Games And Tournament) Tehadap Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Formosa Journal of Applied Sciences, 1(1), 47–56. https://doi.org/10.55927/fjas.v1i1.708
Anisah, A., & Azizah, E. N. (2016). Pengaruh penggunaan buku teks pelajaran dan internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS (Eksperimen Kuasi pada kelas VII di SMP Negeri 1 Palimanan kabupaten Cirebon). Jurnal Logika, 18(3), 1–18. http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/logika/article/viewFile/215/138
Dewi Astiti, N., Putu, L., Mahadewi, P., Suarjana, I. M., & Kunci, K. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2), 193–203. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI
Diah, R., & Siregar, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Modifikasi Metode Gasing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnaledukasia.Org, 4, 1–10. http://jurnaledukasia.org
Fian Totiana, Elfi Susanti VH, & Tri Redjeki. (2012). Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Yang Dilengkapi Media Pembelajaran Laboratorium Virtual Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Koloid Kelas Xi Ipa Semester Genap Sma Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 1(1), 74–79.
Isnawan, M. G., Nahdlatul, U., & Mataram, W. (2020). KUASI-EKSPERIMEN (Issue January).
Kurniati, A., Jannag, N., & Fitriani, D. 2021. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments terhadap Pemahaman Konsep Matematis. Journal for Research in Mathematics Learning. 4(1). 51–62.
Nirmalasari, T. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Materi Peluang Kelas X SMA Negeri 5 Banda Aceh. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Rohmawati, L., & Zevender, P. S. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dengan Variabel Moderator Motivasi Belajar. Indonesian Multidiscipline of Social Journal) Amal Insani Journal, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.56721/amalinsani.v3i1.104
Nurjanah, E., Fauziah, H. R. S. P., & Mawardini, A. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V DI SDN CITEREUP 01.
Nurzalbiah, S., Djalil, A., & Asnawati, R. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.
Sari, K. A., Lusa, H., & Yusuf, S. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Strategi Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa Sdn Kota Bengkulu. Jurnal PGSD, 10(2), 99–106. https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.99-106
Setianingsih, D., Afiani, K. D. A., & Mirnawati, L. B. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perkalian Siswa Kelas Iii Sd Muhammadiyah 8 Surabaya. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 24–37. https://doi.org/10.24929/alpen.v5i1.75
Slavin, R. E. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sugiata, I. W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(2), 78. https://doi.org/10.23887/jpk.v2i2.16618
Yudiono, U., & Firdaus, R. M. (2023). Analisis Penerapan Concept Attainment Model Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa pada Pembelajaran Blended Learning Mata Kuliah Perekonomian Indonesia dan Bank Sentral di Era Covid-19. Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 8(1), 60. https://doi.org/10.32493/pekobis.v8i1.p60-66.29907
Yunita, A., Juwita, R., & Kartika, E. 2020. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9 (1), 23–34.
Zevender, P. S., Fitriyah, Mardetini, E., Adriani, D., & Hakami, L. I. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dengan Variabel Moderator Motivasi Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Amal Insani, 3(2), 62–70. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.56721/amalinsani.v3i2.127
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.