Efektivitas Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Poy Saefullah Zevender STKIP Pangeran Dharma Kusuma Segeran Juntinyuat Indramayu
  • Lutfi Rohmawati Institut Pangeran Dharma Kusuma
  • Via Nur Afifah Institut Pangeran Dharma Kusuma
  • Karmilah Institut Pangeran Dharma Kusuma

DOI:

https://doi.org/10.32493/pekobis.v8i2.P116-125.26749

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif, Team Game Tournament, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menunjukkan bagaimana pembelajaran akuntansi menjadi lebih baik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament. Dalam studi ini, sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI dari SMK PGRI Jatibarang dari tahun akademik 2021–2022. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen semu. Data dalam penelitian ini didasarkan pada angket dan tes secara kuantitatif. Penelitian ini melibatkan 57 siswa SMK PGRI Jatibarang di Indramayu. Data yang digunakan dalam penelitian dianalisis menggunakan teknik statistik. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa di kelas eksperimen dan kontrol belajar lebih baik, dengan nilai t hitung 7,765 dan ttabel 2,026 atau thitung ≥ ttabel. Oleh karena itu, dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional, siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam belajar mereka.

References

Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800

Amri, K., Arinjani, S. M., & Sutriyani, W. (2022). Analisis Penerapan Model TGT (Teams, Games And Tournament) Tehadap Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Formosa Journal of Applied Sciences, 1(1), 47–56. https://doi.org/10.55927/fjas.v1i1.708

Anisah, A., & Azizah, E. N. (2016). Pengaruh penggunaan buku teks pelajaran dan internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS (Eksperimen Kuasi pada kelas VII di SMP Negeri 1 Palimanan kabupaten Cirebon). Jurnal Logika, 18(3), 1–18. http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/logika/article/viewFile/215/138

Dewi Astiti, N., Putu, L., Mahadewi, P., Suarjana, I. M., & Kunci, K. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2), 193–203. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI

Diah, R., & Siregar, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Modifikasi Metode Gasing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnaledukasia.Org, 4, 1–10. http://jurnaledukasia.org

Fian Totiana, Elfi Susanti VH, & Tri Redjeki. (2012). Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Yang Dilengkapi Media Pembelajaran Laboratorium Virtual Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Koloid Kelas Xi Ipa Semester Genap Sma Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 1(1), 74–79.

Isnawan, M. G., Nahdlatul, U., & Mataram, W. (2020). KUASI-EKSPERIMEN (Issue January).

Kurniati, A., Jannag, N., & Fitriani, D. 2021. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments terhadap Pemahaman Konsep Matematis. Journal for Research in Mathematics Learning. 4(1). 51–62.

Nirmalasari, T. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Materi Peluang Kelas X SMA Negeri 5 Banda Aceh. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Rohmawati, L., & Zevender, P. S. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dengan Variabel Moderator Motivasi Belajar. Indonesian Multidiscipline of Social Journal) Amal Insani Journal, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.56721/amalinsani.v3i1.104

Nurjanah, E., Fauziah, H. R. S. P., & Mawardini, A. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V DI SDN CITEREUP 01.

Nurzalbiah, S., Djalil, A., & Asnawati, R. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.

Sari, K. A., Lusa, H., & Yusuf, S. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Strategi Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa Sdn Kota Bengkulu. Jurnal PGSD, 10(2), 99–106. https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.99-106

Setianingsih, D., Afiani, K. D. A., & Mirnawati, L. B. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perkalian Siswa Kelas Iii Sd Muhammadiyah 8 Surabaya. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 24–37. https://doi.org/10.24929/alpen.v5i1.75

Slavin, R. E. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sugiata, I. W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(2), 78. https://doi.org/10.23887/jpk.v2i2.16618

Yudiono, U., & Firdaus, R. M. (2023). Analisis Penerapan Concept Attainment Model Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa pada Pembelajaran Blended Learning Mata Kuliah Perekonomian Indonesia dan Bank Sentral di Era Covid-19. Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 8(1), 60. https://doi.org/10.32493/pekobis.v8i1.p60-66.29907

Yunita, A., Juwita, R., & Kartika, E. 2020. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9 (1), 23–34.

Zevender, P. S., Fitriyah, Mardetini, E., Adriani, D., & Hakami, L. I. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dengan Variabel Moderator Motivasi Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Amal Insani, 3(2), 62–70. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.56721/amalinsani.v3i2.127

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Zevender, P. S., Lutfi Rohmawati, Via Nur Afifah, & Karmilah. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 8(2), 116–125. https://doi.org/10.32493/pekobis.v8i2.P116-125.26749

Issue

Section

Articles