Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kemandirian Belajar bagi Siswa di SMA Cerdas Murni Tembung
DOI:
https://doi.org/10.32493/pekobis.v8i1.P81-94.29819Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat instrument penilaian berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis kemandirian belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaaitu Penelitian pengembangan (R&D) model 4D (define, design, development, and dissemination). LKPD akan memuat materi Sistem Reproduksi untuk kelas XI SMA/MA pada semester II. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket, untuk ahli media, ahli materi, guru dan siswa dan uji coba dilakukan kepada 50 siswa dengan menggabungkan 2 kelas yang ada pada disekolah tersebut (Cluster sampling) untuk mengetahui respon dan penilaian media melalui lembar instrument angket respon. Berdasarkan hasil validasi ahli materi keseluruhan aspek diperoleh persentase rata-rata sebesar 92% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi ahli media diperoleh persentase rata-rata sebesar 93% dengan kategori sangat layak. Hasil respon pendidik diperoleh persentase rata-rata 96% dengan kategori sangat menarik dan respon peserta didik diperoleh persentase rata-rata 87,28% dengan kategori interpretasi sangat menarik. Dengan demikian LKPD sebagai tambahan dalam bahan ajar dan sekaligus sebagai media pembelajaran yang memuat materi sistem reproduksi sangat layak digunakan dan disebarluaskan ke masyarakat, sekolah, guru, maupun peserta didik yang membutuhkan LKPD ini. Sehingga ditahap terakhir yaitu tahap diseemination penyebar luasan produk, LKPD ini disebarluaskan ke 2 sekolah yang ada di desa Tembung, yakni SMA cerdas Murnia Tembung dan SMA Reis Cendikia.
References
Anam, M. S. (2017). MODEL-MODEL PENELITIAN PENGEMBANGAN. Magister
Physical Education, 12(9). https://syamsulanam42.blogspot.com/2017/09/model- model-penelitian-pengembangan.html
Diella, D., & Ardiansyah, R. (2019). Pelatihan Pengembangan LKPD berbasis Keterampilan Proses Sains Dan Instrumen Asesmen KPS Bagi Guru IPA. Publikasi Pendidikan, 9(1), 7. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.6855
Diella, D., Ardiansyah, R., & Suhendi, H. Y. (2019). Pelatihan Pengembangan LKPD berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS) Dan Penyusunan Instrumen Asesmen KPS bagi Guru IPA. Publikasi Pendidikan, 9(1), 7–11. http://ojs.unm.ac.id/index.php/pubpend
Dr. MuhammadYaumi, M.Hum., M. A. (2013). Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran (N. Ibrahim & D. Siddik (ed.); cetakan ke). Kencana.
Fadillah, E. N. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 1(2), 123–134. http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/dikbio
Hala, Y., Muchtar, R., Jumadi, O., & Taiyeb, A. M. (2017). Hubungan Antara Gaya Belajar , Kemandirian Belajar , dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa. 6(2), 321–328.
Hartanto, R. (2020). Jokowi Instruksikan Bekerja dari Rumah, Ini Arti Work From Home. Kompas.com. https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/16/195035165/jokowi- instruksikan-bekerja-dari-rumah-ini-arti-work-home?page=all#page2
Imania, K. A., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik, 5(1), 31–47. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.445
Indonesia, R. (2020). kasus Covid-19 Pertama, Masyarakat Jangan Panik. Portal Informasi Indonesia.
Istiqomah, & Sulton, M. (2013). Sukses Uji Kompetensi Guru (F. Firdiani (ed.); Cetakan- I). Niaga Swadaya.
Lestari, N. F., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter PPK Aspek Kemandirian Pembelajaran Tematik Terpadu Siswa SD Kelas 4. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 19–29. 71
Marpaung, N., Simanjuntak, M. P., Siagian, E., & Sinaga, L. (2017). Desain Pembelajaranlms Berbasis Moodle Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Ipa Siswa Smp. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika ( INPAFI ), 1(1), 7–16. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/article/view/25424/15865
Mulyaningsih, I. E. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta. Mulyaningsih, I. E. (2014). KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR THE INFLUENCE OF SOCIAL INTERACTION OF FAMILY RELATIONSHIP , ACHIEVEMENT MOTIVATION , AND INDEPENDENT LEARNING. 441–451.
Fournier, C. (2017). The Manager’s Path: A Guide for Tech Leaders Navigating Growth and Change. (L. Ruma, Ed.) (First). United States of America: O’Reilly Media.
Indonesia (2015). Keputusan Menteri Keuangan No.199/PMK.03/2015 Tentang Tata Cara Pemeriksaan Pajak. Jakarta: Menteri Keuangan.
Olahraga, J., Kesehatan, D. A. N., Aji, B. S., & Winarno, M. E. (2016). PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN. April 2015, 21–22.
Paulina, Undang, R., & Chandra, E. (2014). Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Sains Bermuatan Nilai Ketuhanan. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1, 29– 40.
Permendikbud. (2018). Permendikbud RI Nomor 37 tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. JDIH Kemendikbud, 2025, 1–527.
Punaji, S. (2015). Metode Penelitian pendidikan & Pengembangan (4 ed.). Prenada Media Group.
Purwasi, L. A., & Fitriyana, N. (2020). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS).
AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 894. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3172
Rawa, N., Sutawidjaja, A., & Sudirman, S. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Learning Cycle 7E Pada Materi Trigonometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(6), 1042–1055. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6368
Sanjaya, W., & Budimanjaya, A. (2017). Paradigma Baru Mengajar (I. Fahmi (ed.); Ke- 1). Prima, PT Balebat Dedikasi.
Sari, K. arum, Prasetyo, Z. K., & Wibowo, W. S. (2017). Pengembangan lembar 72 kerja peserta didik IPA berbasis model project based learning untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan komunikasi peserta didik kelas VII. Pendidikan matematika dan Sains, 6(8).
Setiadi, H. (2016). PELAKSANAAN PENILAIAN PADA KURIKULUM 2013 THE IMPLEMENTATION OF ASSESSMENT IN THE CURRICULUM 2013 20(2).
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan (2 ed.). Alfabeta. Supardi. (2014). Konerja Guru (1, cet-2 ed.). Rajawali Pers.