Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Manajemen Mutu terhadap Kinerja Guru SMK

Authors

  • aditya pratama Universitas Negeri Jakarta
  • Sulistiyani Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/pekobis.v8i2.P155-169.29884

Keywords:

Teknologi Informasi, Manajemen Mutu, Kinerja Guru SMK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan pengaruh pemanfaatan teknologi informasi dan manajemen mutu terhadap kinerja guru SMK di Kecamatan Pamulang. Metode dalam pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan melalui kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan: terdapat pengaruh positif dan signifikan, ditunjukkan oleh nilai t hitung 2,365 > t tabel (1,98667) dan probabilitas (sig.) 0,02 < 0,05. Ini menandakan bahwa pemanfaatan teknologi informasi berkontribusi positif terhadap kinerja guru SMK. Terdapat pengaruh positif dan signifikan, seperti yang ditemukan dengan nilai t hitung 2,740 > t tabel (1,98667) dan probabilitas (sig.) 0,007 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa manajemen mutu berperan penting dalam meningkatkan kinerja guru SMK. Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari kedua faktor, diindikasikan oleh nilai F hitung = 6,139 dengan signifikansi (sig.) 0,003 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa kombinasi pemanfaatan teknologi informasi dan manajemen mutu memiliki dampak positif yang lebih besar terhadap kinerja guru SMK. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pemanfaatan teknologi informasi dan manajemen mutu memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan kinerja guru SMK di Kecamatan Pamulang. Oleh karena itu, disarankan agar sekolah terus menjaga mutu manajemen dan meningkatkan ketersediaan sarana prasarana terkait teknologi informasi untuk mendukung peningkatan kualitas kinerja guru.

References

Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 3. Bumi Aksara.

Asmani, J. M. (2011). Tips efektif pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Farichah, N. (2022). PENGARUH MANAJEMEN MUTU DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU. JM-TBI: Jurnal Manajemen Dan Tarbiyatul Islam, 3(1), 11–20.

Hamda, N., Sholeh, B., & Kuncoro, I. W. (2021). ANALISIS PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN IPS SELAMA PANDEMI COVID 19 DI SMP ISLAMIYAH SERUA KOTA DEPOK TAHUN AJARAN 2020/2021. PEKOBIS : Jurnal Pendidikan, Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 90–96. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i1.1540

Legesang, G. C., Sumual, H., & Parinsi, M. T. (2021). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Diera Covid-19 Pada SMK Negeri 1 Manado. YUME: Journal of Management, 4(3).

Nasehudin, T. S., & Gozali, N. (2012). Metode penelitian kuantitatif.

Pratama, A. (2018). Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Upaya Menanggulangi Plagiarisme Dikalangan Mahasiswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(2).

Rahmanita, F.-. (2017). “Pengaruh Task Identity, Task Significance, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Smp Al Amanah.†Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 1(4), 65. https://doi.org/10.32493/pekobis.v1i4.p65-93.725

Rahmawati, D. (2008). Analisis Faktor Faktor yang Berpengaruh Terhadap Pemanfaatan Teknologi Informasi. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 5(1).

Rizki, T., Isjoni, I., & Hadriana, H. (2022). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi dan Supervisi Kunjungan Kelas terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 2 Bangkinang Kabupaten Kampar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12370–12379.

Sulistiyani, S., & Pratama, A. (2023). Pengukuran Pembelajaran E-Learning dengan Pendekatan Technology Acceptance Model. Journal on Education, 5(2), 4369–4380.

Syofian, S., Setiyaningsih, T., & Syamsiah, N. (2015). Otomatisasi metode penelitian skala likert berbasis web. Prosiding Semnastek.

Yani, J. A. (n.d.). Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta. Ferrari, JR, Jhonson, JL, & McCown, WG (1995). Procrastination And Task Avoidance: Theory, Research & Treatment. New York: Plenum Press. Yudistira P, Chandra. Diktat Kuliah Psikometri. Fakultas Psikologi Universitas.

Yusuf, M., & Anwar, M. A. (2017). Pengaruh Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2008 dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru di SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT Jombang. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 3(1), 17–38.

Downloads

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles