Analisis Penerapan Concept Attainment Model Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa pada Pembelajaran Blended Learning Mata Kuliah Perekonomian Indonesia dan Bank Sentral di Era Covid-19

Authors

  • Udik Yudiono Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Riril Mardiana Firdaus Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.32493/pekobis.v8i1.P60-66.29907

Keywords:

Concept Attainment Model, critical thinking skills

Abstract

Pada kurikulum Program Studi Pendidikan Ekonomi, terdapat mata kuliah Perekonomian Indonesia dan Bank Sentral yang dirancang agar mahasiswa dapat memahami kondisi perekonomian Indonesia serta memberikan rekomendasi solusi permasalahan ekonomi dengan mengkaitkan analisis konsep dan teori. Akan tetapi, pembelajaran blended learning yang diterapkan pada mata kuliah Perekonomian Indonesia dan Bank Sentral di era Covid-19, belum mampu mencapai indikator capaian mata kuliah yang telah ditetapkan.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas pelaksanaan model pembelajaran Concept Attainment terhadap keterampilan berfikir kritis mahasiswa pada pembelajaran blended learning  mata kuliah Perekonomian Indonesia dan Bank Sentral. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain posttest only control design dengan melibatkan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Concept Attainment berpengaruh tehadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam materi Kebijakan Inflasi dan Nilai Tukar pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Kanjuruhan Malang.

References

Ayu, D., Mahayuni, M., Suharsono, N., Wayan, I., Warpala, S., Studi, P., & Pembelajaran, T. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS VII SISWA SMP NEGERI 3 SIDEMEN. In Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia (Vol. 7). Online.

Devi, O. :, Ahni, N., Putri, O., Lian, B., & Pramika, D. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA SRIJAYA NEGARA PALEMBANG. In Jurnal Neraca (Vol. 3, Issue 1).

Istuningsih, W., Indriayu, M., & Sabandi, M. (2015). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT DAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 KARANGANYAR.

Joyce, et al. Models of Teaching. (2016). Ed.sembilan. Ahli bahasa oleh Rianayati Kusmini Pancasari.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kumar, A., & Mathur, M. (2013). Effect of Concept Attainment Model on Acquisition of Physics Concepts. Universal Journal of Educational Research, 1(3), 165–169. https://doi.org/10.13189/ujer.2013.010304

McDonald, D. (2015). Concept Attainment: Instruction Suitable for All. 19(2).

Nash, G. B; et al. National Standards for World History: Exploring Paths to the Present. Grades 5-12, Expanded Edition. Including Examples of Student Achievement. National Center for History in the Schools.

Ostad, G., & Soleymanpour, J. (2007). The Impact of Concept Attainment Teaching Model and Mastery Teaching Method on Female High School Students’ Academic Achievement and Metacognitive Skills. In International Journal of Innovative Research in Science, Engineering and Technology (An ISO (Vol. 3297, Issue 2). www.ijirset.com

Razi, F., Rusdi, R., & Fachruddin, M. (2022). Penerapan Model Concept Attainment untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Segitiga dan Segiempat. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(2), 255. https://doi.org/10.30998/jkpm.v7i2.13093

Yensy, N. A., Raya, J., & Limun Bengkulu, K. (2020). Pemahaman Konsep Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Concept Attainment. In Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia (Vol. 05, Issue 01). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr

Yonu, M., Djafar, F., & Pratiwi, W. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Konsep Attainment Terhadap Penguasaan Materi Bahasa Indonesia. Elementary Education Journal ISSN, 3(2), 2746–4253. https://doi.org/10.58176/edu.v3i2.570

Downloads

Published

2023-05-31

How to Cite

Yudiono, U., & Firdaus, R. M. (2023). Analisis Penerapan Concept Attainment Model Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa pada Pembelajaran Blended Learning Mata Kuliah Perekonomian Indonesia dan Bank Sentral di Era Covid-19. Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 8(1), 60–66. https://doi.org/10.32493/pekobis.v8i1.P60-66.29907

Issue

Section

Articles