Analisis Cost-Volume-Profit dalam Menentukan Harga Jual pada Restoran Sushi Syakira Sekarteja
DOI:
https://doi.org/10.32493/pekobis.v8i1.P33-47.29967Keywords:
Analisis Cost-Volume-Profit, Harga Jual, Restoran Sushi, Optimasi LabaAbstract
Restoran sushi salah satu industri makanan dan minuman yang menghadapi persaingan yang ketat. Penentuan harga jual yang tepat sangat penting dalam menjaga keberlangsungan usaha pada restoran sushi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis cost-volume-profit (CVP) dalam menentukan harga jual pada restoran Sushi Syakira Sekarteja. Metode studi kasus digunakan dalam penelitian ini dan data historis selama beberapa tahun terakhir dianalisis. Analisis CVP digunakan untuk menghitung titik impas dan laba pada berbagai tingkat penjualan serta menentukan harga jual yang optimal pada restoran sushi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis CVP sangat berguna dalam menjadikan harga jual yang tepat pada restoran sushi. Dengan menggunakan analisis CVP, restoran sushi dapat mengoptimalkan laba pada berbagai tingkat penjualan dan menentukan harga jual yang optimal. Riset ini sangat bermanfaat bagi restoran sushi dalam mengoptimalkan keuntungan dan menjaga keberlangsungan usaha. Selain itu, penelitian ini juga dapat memberikan kontribusi penting bagi industri makanan dan minuman secara keseluruhan dalam memperoleh informasi tentang penggunaan analisis CVP pada restoran sushi.
References
Abdullah, M. H., & Yusof, S. M. (2021). Factors Influencing the Purchase Intention of Halal Food among Muslim Consumers in Malaysia: A Riview. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 184-197.
Adhie, L., & Sukmajaya, V. S. (2020). Analisis Cost Volume Profit untuk Perencanaan Laba pada Restoran Praline & Oregano. Cakrawala Repositori IMWI.
Andriani, D., Kurniawan, Y., & Hartono, B. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen pada Industri Makanan dan Minuman di Kota Malang. Jurnal Administrasi Bisnis, 127-137.
Atkinson, A. A., Kaplan, R. S., Matsumura, E. M., & Young, S. M. (2018). Management accounting: Information for decision-making and strategy execution. Pearson.
Budianto, A. (2018). Analisis Cost Volume Profit (CVP) pada Usaha Warung Makan di Kota Malang. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Airlangga, 225-237.
Hasanah, A., & Daud, R. M. (2019). Analisis Cost Volume Profit Sebagai Alat Perencanaan Laba (Studi Kasus Pada Umkm Dendeng Sapi Di Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa.
Hilton, R. W. (2011). Managerial accounting: Creating value in a dynamic business environment. McGraw-Hill/Irwin.
Horngren, C. T., Datar, S. M., & Foster, G. (2006). Cost accounting: A managerial emphasis. Pearson Education.
Indah, D., & Rofiaty, Y. (2020). Analisis Cost-Volume-Profit dalam menentukan Harga Jual Produk Pada UMKM Batik. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 79-93.
Kaplan, R. S., & Norton, D. P. (2018). The balanced scorecard: Translating strategy into action. Harvard Business Press.
Kimmel, P. D., Weygandt, J. J., & Kieso, D. E. (2010). Managerial accounting: tools for business decision making. John Wiley & Sons.
Koorag, J. F., & Ilat, V. (2016). Analisys of cost-volume-profit for planning profit at the tofu factory “Ibu Sitiâ€. Jurnal berkala Ilmiah Efisiensi, 803-812.
Langfield-Smith, K., Thorne, H., & Hilton, R. (2018). Management accounting: Information for creating and managing value. McGraw-Hill Education.
Maarif, M. S., & Hubeis, M. (2018). Analisis Cost-Volume-Profit (CVP) Pada Industri Usaha Kecil Menengah (UKM) Makanan dan Minuman di Kota Tegal. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 96-107.
Rahayu, S. P., & Istikhoroh, S. (2014). Efektivitas CVP Untuk Merealisasikan Perencanaan Laba Home Industri Minuman Tradisional "Ning's". Publikasi Ilmiah.
Saputra, A. H., & Putra, M. B. (2020). Analisis Cost Volume Profit (CVP) dalam Menentukan Harga Pokok Penjualan pada Usaha Catering. Jurnal Akuntansi dan Pajak, 20-23.