Analisis Penggunaan E-Commerce Shopee terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Fenomenologi pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang Angkatan 2022)

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32493/pekobis.v8i1.P47-59.30254

Keywords:

E-commerce, Consumptive behaviour

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pemanfaatan e-commerce shopee sebagai sarana belanja online bagi mahasiswa Pendidikan Ekonomi, dan untuk mengetahui perilaku konsumtif mahasiswa Pendidikan Ekonomi dalam berbelanja melalui e-commerce shopee. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode fenomenologi. Data dikumpulkan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara kepada 10 informan, dimana informan tersebut adalah mahasiswa yang aktif menggunakan e commerce shopee. Subjek penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa selaku konsumen memanfaatkan shopee sebagai sarana belanja online yang memberikan kemudahan bagi para konsumen serta penawaran menarik yang membuat konsumen merasa puas dan diuntungkan dan mahasiswa Pendidikan Ekonomi berperilakukonsumtif akibat penggunaan shopee untuk belanja online dengan intensitas cukup tinggi. Perilaku konsumtif untuk melakukan pembelian tanpa pertimbangan dan manfaat yang mereka rasakan. Membuat munculnya sikap boros dan mereka harus mengatur keuangan atau pengeluaran. Mahasiswa terdorong berperilaku konsumtif karena tergiur promo yang ditawarkan dan keinginan untuk menunjang penampilan lebih menarik mengikuti perkembangan gaya masa kini.

Author Biography

Enok Nurhasanah, Pamulang University

Department: Economic Education in Pamulang University

Rank : lecturer

References

Amstrong, G., & Philip, K. (1997). Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1, Alih. Bahasa Alexander Sindoro dan Benjamin Molan. Jakarta: Prenhalindo.

Azizah, M., & Aswad, M. (2022). Pengaruh Belanja Online Pada E-Commerce Shopee Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Millennial di Blitar. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(4), 429–438.

Damayanti, F. D. W., & Canggih, C. (2021). Pengaruh penggunaan pembayaran shopeepay later terhadap perilaku konsumsi islam generasi milenial di Surabaya. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(3), 1905–1915.

Faizah, A. (2020). Pengaruh Kemudahan E-Commerce Shopee terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya (Dalam Tinjauan Teori McDonaldisasi George Ritzer). Surabaya: Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Fitriyani, N., Widodo, P. B., & Fauziah, N. (2013). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa di Genuk Indah Semarang. Jurnal Psikologi, 12(1), 1–14.

Heni, S. A. (2013). Hubungan antara kontrol diri dan syukur dengan perilaku konsumtif pada remaja SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. EMPATHY Jurnal Fakultas Psikologi, 2(1), 1–15.

Herlina, R. (2022). Pengaruh E-Commerce Shopee terhadap Perilaku Konsumtifpada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Bogor: Skripsi Institut Ummul Quro Al-Islami.

Hermawan, J. (2020). Dampak Media Online Shopee terhadap Perilaku Konsumtif Karyawan PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, TBK Cabang Banjarmasin. Banjarmasin: Desertasi Universitas Islam Kalimantan MAB.

Nugroho, A. S. (2016). E-commerce Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Ekuilibria.

Pemerintah RI. (1999). Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Jakarta: Pemerintah RI.

Pemerintah RI. (2014). Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan. Jakarta: Pemerintah RI.

Rahima, P., & Cahyadi, I. (2022). Pengaruh Fitur Shopee Paylater terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Mataram. Target: Jurnal Manajemen Bisnis, 4(1), 39–50.

Siregar, R. M., Susanti, N., & Aslami, N. (2023). Perilaku Konsumtif Mahasiswa Berbelanja di E-Commerce Shopee pada Masa Pandemi Dalam Perspektif Gender. As-Syirkah: Islamic Economic & Financial Journal, 2(2), 115–128.

Susandi, D., & Sukisno, S. (2017). Sistem Penjualan Berbasis E-Commerce Menggunakan Metode Objek Oriented pada Distro Dlapak Street Wear. Jurnal Sistem Informasi, 4.

Yulianti, I. N. (2021). Pengaruh E-commerce Shopee Terhadap Perilaku Konsumtif (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam 2018-2020 UIN SMH Banten. Banten: Desertasi UIN Sultan Maulana Hasanuddin.

Downloads

Published

2023-05-31

How to Cite

Nurhasanah, E. (2023). Analisis Penggunaan E-Commerce Shopee terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Fenomenologi pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang Angkatan 2022). Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 8(1), 47–59. https://doi.org/10.32493/pekobis.v8i1.P47-59.30254

Issue

Section

Articles