Pengaruh Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dan Karakter terhadap Kesiapan Menjadi Guru

Authors

  • nailariza umami Universitas Bhinneka PGRI
  • yuliani krishartanti universitas bhinneka pgri
  • Maria Agatha Sri WH Universitas Bhinneka PGRI

DOI:

https://doi.org/10.32493/pekobis.v8i2.P106-115.32647

Keywords:

Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK), karakter mahasiswa, kesiapan guru

Abstract

Dalam penelitian ini, kami menyelidiki pengaruhKkemampuan TechnologicalHPedagogical ContentJKnowledge (TPACK) dan karakter terhadapHkesiapan menjadiNguru pada mahasiswa fakultas sosial dan humaniora Universitas Bhinneka PGRI. Metode kuantitatif digunakan denganLmenggunakan analisisKregresi bergandaPsebagai alatJanalisis data. Hasil penelitianMmenunjukkan temuan-temuan yang signifikan. Pertama, terdapat pengaruh signifikan secara parsial antaraKkemampuan TechnologicalJPedagogical ContentMKnowledge (TPACK) dan kesiapanKmenjadi guru. Dengan nilai thitungKsebesar 4,431Kyang lebihMbesar dariKttabel (1,960),ditemukan bahwaMkemampuan TechnologicalLPedagogical Content KnowledgeK(TPACK)Mmemberikan kontribusi positifKterhadap kesiapanKmahasiswa. Selanjutnya, karakter juga memiliki pengaruh signifikanKsecara parsialPterhadap kesiapan menjadiKguru. Dengan nilaiMthitung sebesarJ2,605 yang melebihi ttabel (1,960), karakter mahasiswa di Fakultas Sosial dan Humaniora Universitas Bhinneka PGRI memberikan dampak positif terhadap kesiapan menjadi guru. Secara simultan, ditemukan bahwa kemampuanBTechnological PedagogicalMContent Knowledge (TPACK) danEkarakter mahasiswaHsecara bersama-samaJmemberikan pengaruhRpositif danFsignifikan terhadapXkesiapan menjadiJguru. DenganNnilai FhitungV132,610 yang jauh melebihi Ftabel (3,13), keduanya memberikanHkontribusi yangHefektif terhadapQkesiapan guru. Secara keseluruhan, TPACK dan karakter mahasiswa memberikanKsumbangan efektifGsebesar 80,3% terhadapNkesiapan menjadiNguru.Sisanya, sebesarL19,7%, dipengaruhiBoleh variabel-variabelVlain yangFtidak dibahasWdalam penelitianQini.

References

Adri, J., Jalinus, N., Ambiyar, A., Jama, J., & Giatman, M. (2020). Pengaruh Kesiapan Mengajar Terhadap Sikap Mengajar Calon Guru Muda. Jurnal Vokasi Mekanika (VoMek), 2(2), 15–21. https://doi.org/10.24036/vomek.v2i2.99.

Anggranei, F. N., & Jakarta, U. M. (2020). Realitas kompetensi guru pasca sertifikasi. 3(4), 331–340. https://doi.org/10.5281/zenodo.4128529.

Arifa, F. N., & Prayitno, U. S. (2019). Peningkatan Kualitas Pendidikan : Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan dalam Pemenuhan Kebutuhan Guru Profesional di Indonesia. 10(1), 1–17. https://doi.org/https://doi.org/10.22212/aspirasi.v7i1.1084.

Fanora, T. S., Adnan, & Fauzi. (2019). Kendala Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (Ppl) Pgsd Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unsyiah DI SD Negeri 29 Banda Aceh. 4.

Hanafi, M. (2017). Membangun Profesionalisme Guru Dalam Bingkai Pendidikan Karakter. Jurnal Ilmu Budaya, 5(1), 35–45. https://doi.org/10.34050/jib.v5i1.2356

Hidayati, S. (2018). Permasalahan Yang Dihadapi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Selama Mengikuti Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Tahun 2018. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 2(2), 84. https://doi.org/10.29408/jpek.v2i2.994

Karlina, D. A., Aeni, A. N., & Syahid, A. A. (2020). Mengenal Dampak Positif Dan Negatif Internet Untuk Anak Pada Orang Tua. Jurnal Pasca Dharma Pengabdian Masyarakat, 1(1), 53–56.

Malik, S., Rohendi, D., & Widiaty, I. (2019). Technological Pedagogical Content Knowledge ( TPACK ) with Information and Communication Technology ( ICT ) Integration : A Literature Review. Education and Humanities Research, 299(Ictvet 2018), 498–503.

Octavia, S. A. (2019) SikapADan KinerjaOProfesional. Yogyakarta:KDeepublish.

Pasani, C. F. (2018). TPACK Untuk Mengembangkan HOTS dan Berbagai Literasi. Senpika I, 1–11.

Perdani, B.LU. M., &MAndayani, E. S. (2021). PengaruhLKemampuan Technological .PedagogicalMContent KnowledgeK(TPACK) TerhadapNKesiapan MenjadiJGuru. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 19(2), 99–115. https://doi.org/10.21831/jpai.v19i2.46021

Rahayuningsih, Y. S., & Muhtar, T. (2022). Pedagogik Digital Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Abad 21. Jurnal BASICEDU, 6(4), 6960–6966.

Sitompul, B. (2022). Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 13953–13960.

Sobon, K., & Korompis, M. E. (2021). Peluang Peningkatan Kompetensi Guru di Masa Pademi Virus. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 287–296. https://doi.org/Jurnal Studi Guru dan Pembelajarans://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.589.

Sukmawati, R. (2019). Analisis kesiapan mahasiswa menjadi calon guru profesional berdasarkan standar kompetensi pendidik. Jurnal Analisa, 5(1), 95–102. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4789

Umami, N. (2010). Implementasi Metode Pembelajaran Karakter Melalui Kewirausahaan Sosial (Sosiopreneurship). 66–80.

Umami, N. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Perkuliahan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis Dan Mnajemen, 2(2), 26–42. https://doi.org/10.32682/jpekbm.v2i2.994.

Zulhazlinda, W., Noviani, L., & Sangka, K. B. (2023). Pengaruh TPACK Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Profesional Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Di Jawa Tengah. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 11(1), 26–38. https://doi.org/10.26740/jupe.v11n1.p26-38.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

umami, nailariza, krishartanti, yuliani, & Maria Agatha Sri WH. (2023). Pengaruh Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dan Karakter terhadap Kesiapan Menjadi Guru. Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 8(2), 106–115. https://doi.org/10.32493/pekobis.v8i2.P106-115.32647

Issue

Section

Articles