Pengaruh Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dan Karakter terhadap Kesiapan MenjadiK Guru

Authors

  • nailariza umami Universitas Bhinneka PGRI
  • yuliani krishartanti universitas bhinneka pgri
  • Maria Agatha Sri WH Universitas Bhinneka PGRI

DOI:

https://doi.org/10.32493/pekobis.v8i2.P106-115.32647

Keywords:

Kemampuan TPACK, Karakter, Kesiapan

Abstract

Dalam penelitian ini, kami menyelidiki pengaruh kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dan karakter terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa fakultas sosial dan humaniora Universitas Bhinneka PGRI. Metode kuantitatif digunakan dengan menggunakan analisis regresi bergandaPsebagai alat analisis data. Hasil penelitian menunjukkan temuan-temuan yang signifikan. Pertama, terdapat pengaruh signifikan secara parsial antara kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dan kesiapan menjadi guru. Dengan nilai t hitung sebesar 4,431Kyang lebih besar dari t tabel (1,960),ditemukan bahwa kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) memberikan kontribusi positif terhadap kesiapan mahasiswa. Selanjutnya, karakter juga memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap kesiapan menjadi guru. Dengan nilai t hitung sebesar 2,605 yang melebihi t tabel (1,960), karakter mahasiswa di Fakultas Sosial dan Humaniora Universitas Bhinneka PGRI memberikan dampak positif terhadap kesiapan menjadi guru. Secara simultan, ditemukan bahwa kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dan karakter mahasiswa secara bersama-sama memberikan pengaruh positif dan F signifikan terhadap kesiapan menjadi guru. Dengan nilai F hitungĀ  132,610 yang jauh melebihi F tabel (3,13), keduanya memberikan kontribusi yang efektif terhadap kesiapan guru. Secara keseluruhan, TPACK dan karakter mahasiswa memberikan sumbangan efektif sebesar 80,3% terhadap kesiapan menjadi guru.Sisanya, sebesar 19,7%, dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Downloads

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles