Membangun Ekuitas Merek yang Kuat: Mengeksplorasi Interaksi antara Persepsi Merek dan Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.32493/pekobis.v8i2.P139-154.33589Keywords:
Ekuitas merek, kepuasan konsumen, Bank Syariah IndonesiaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara citra merek suatu perusahaan dengan tingkat kepuasan yang dialami nasabahnya dari sudut pandang Bank Syariah Indonesia. Diharapkan dengan melakukan penelitian ini, BSI dan lembaga keuangan Islam lainnya akan memperoleh wawasan berharga tentang bagaimana mengembangkan cara yang efektif untuk membangun ekuitas merek yang stabil melalui kontak yang menguntungkan dan konsisten dengan pelanggan mereka. Dalam penelitian khusus ini total partisipan berjumlah seratus orang dan data dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan temuan ini, tidak ada hubungan yang signifikan secara statistik antara kesadaran akan suatu merek dan kepuasan. Persepsi pelanggan terhadap kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap seberapa senang mereka dengan pembelian tersebut. Tidak ada korelasi yang dapat didukung oleh bukti statistik antara kepentingan emosional dan tingkat kebahagiaan. Tidak ada hubungan yang signifikan secara statistik antara perasaan pelanggan terhadap suatu merek dan tingkat kepuasan mereka. Proses menjadi diri sendiri sebagai individu mempunyai dampak besar terhadap tingkat kebahagiaan dan kepuasan hidup seseorang.
References
Aning Fitriana, Reza Rahmadi Hasibuan, Karunia Zuraidaning Tyas, & Dyah Supriatin. (2022). Pendampingan Pencatatan Keuangan Sederhana Bagi Pelaku UMKM Bidang Pariwisata di Desa Petahunan, Kab. Banyumas. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 17–22. https://doi.org/10.54259/pakmas.v2i1.787
Eneiz.an, B. M., & M.atar, A. (2019). Effects of green marketing strategy on firm financial performance. The moderating role of government policy. Business and Economic Horizons.
F..ebriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Haq.u.e, M. G. (2020). The Effect of Digital Marketing and Media Promotion Utilization to a Bakpia Patok Yogyakarta SMES’ Sales Performance. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 10(1), 233. https://doi.org/10.26858/jiap.v10i1.14336
Hasibuan, R. R. (n.d.). Anteseden Repurchase Intention Aplikasi Shopee Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi Di Kabupaten Banyumas.
Ira Pro.m.asanti Rachmadewi, Auliya Firdaus, Qurtubi, Q., Wahyudhi Sutrisno, & Chancard Basumerda. (2021). Analisis Strategi Digital Marketing pada Toko Online Usaha Kecil Menengah. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 7(2), 121–128. https://doi.org/10.30656/intech.v7i2.3968
Kusban.dono, D. (2019). ANALISIS SWOT SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN DAN PENGUATAN STRATEGI BISNIS ( STUDY KASUS PADA UD. GUDANG BUDI, KEC. LAMONGAN). JURNAL MANAJEMEN, 4(2), 921. https://doi.org/10.30736/jpim.v4i2.250
Lav.anya, A., & Radhikamani, M. M. (2021). A STUDY ON DIGITAL MARKETING AND IT’S IMPACTS. 9(5).
Nggi.ni, Y. H. (2019). ANALISIS SWOT ( STRENGTH, WEAKNES, OPPORTUNITY, THREATS) TERHADAP KEBIJAKAN PENGEMBANGAN PARIWISATA PROVINSI BALI. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 3(1), 141. https://doi.org/10.38043/jids.v3i1.1739
Primadona, Y., & Rafiqi, Y. (2019). ANALISIS SWOT PADA STRATEGI PERSAINGAN USAHA MINIMARKET MADINA PURBARATU KOTA TASIKMALAYA. JURNAL EKONOMI SYARIAH, 4(1). https://doi.org/10.37058/jes.v4i1.802
Putri, A. M. A., & Sanica, I. G. (2022). DIGITAL MARKETING STRATEGY TO SURVIVE DURING COVID-19 PANDEMIC. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 6(1), 27. https://doi.org/10.29040/ijebar.v6i1.4084
Ratna Gumilang, R. (2019). IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN HASIL HOME INDUSTRI. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14. https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i1.25
Reza, R. R. H., Almas, A. R. D., Widya, W. U., Nisa, A. N. K., & Diky, D. F. M. (2022). Pengembangan Niche Marketing Online Desa Pariwisata Berbasis Konten Lokal dan Pelatihan Pembukuan Keuangan Sedarhana. Jurnal Mandala Pengabdian Masyarakat, 3(2), 141–146. https://doi.org/10.35311/jmpm.v3i2.82
Rizaldi, A., Margareta, F., Simehate, K., Hikmah, S. N., Albar, C. N., & Rafdhi, A. A. (2021). Digital Marketing as a Marketing Communication Strategy.
Sagita, G., & Wijaya, Z. R. (2022). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Bakmi Tando 07. 1(3).
Setyanugraha, S., & Hasibuan, R. R. (2020). ANTESEDEN LOYALITAS KONSUMEN DARI PEMBERIAN LAYANAN PRODUK INTERNET PT. LAXO. Jurnal Ekonomi Manajemen, 6(1), 21–30. https://doi.org/10.37058/jem.v6i1.1475
Suci, R. P., Hermawati, A., & Suwarta, S. (2019). PENTINGNYA ANALISIS SWOT UNTUK MENINGKATKAN KINERJA SDM (Studi Kasus Usaha Mikro Kecil dan Menengah Malang). Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 5(2). https://doi.org/10.35906/jm001.v5i2.369
Suleman, D., Febriyantoro, M. T., Fadly, R., Napitupulu, R. L., Safria, D., & Hasibuan, R. R. (2022). Perceptions On Halal Labels Impact On Purchase Decisions With Brand Image As Intervening Variables: A Consumer Study Of Solaria Restaurants In Jakarta. 3(6).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.