Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Media Power Point Interaktif pada Siswa Kelas V SD

Authors

  • Syilvi Nurul Fatwa SD Negeri 2 Plawangan

DOI:

https://doi.org/10.32493/pekobis.v8i2.P126-138.35775

Keywords:

Kualitas pembelajaran IPS, Problem Based Learning, Media Power Point Interaktif

Abstract

Model pembelajaran PBL dalam proses pembelajaran IPS dengan menggunanakan bantuan fasilitas power point dapat meningkatkan kualitas dalam pembelajaran IPS di SDN 2 Plawangan. PTK ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran IPS di SDN 2 Plawangan. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, data diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi secara langsung di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran IPS mengalami peningkatan. Persentase keterampilan mengajar guru pada siklus I sebesar 77% dengan kategori Baik, meningkat menjadi 88% pada siklus II dengan kategori sangat baik. Persentase aktivitas siswa pada siklus 1 yaitu 75% dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II sebesar 86% dengan kategori sangat baik. Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I 67% dengan rata-rata 71,87. Pada siklus II meningkat mencapai 93% dengan rata-rata 84,33.

References

Adjirante, A. D., A, M. A., & Djirimu, M. (2022). Pengembangan Media Ppt Interaktif Materi Perkalian Untuk Siswa Sd Kelas 2 Selama Masa Ppkm Darurat. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 5(1), 24–37.

Dewi, N. L. P. S., & Manuaba, I. B. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VI SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 76–83.

Hendriana, E. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Gaya Belajar Auditorial Terhadap Hasil Belajar Ips Di Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 3(1), 1. https://doi.org/10.26737/jpdi.v3i1.484

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

Meldina, T., Agustin, A., & Harahap, S. H. (2020). Integrasi Pembelajaran IPS pada Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Institut Agama Islam Negeri Curup Sekolah Dasar Negeri 10 Pasaman PENDAHULUAN Pendidikan semestinya sudah dilakukan sedari dini yaitu dengan melakukan pendidikan dasar . Pada Undang-undang No. 4(1).

Natalia, S. G., & Kristin, F. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Google Classroom sebagai Bentuk Peningkatan Kualitas Hasil Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5043–5049. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1586

Rosidah, Nizaar, M., Muhardini, S., Haifaturrahmah, & Mariyati, Y. (2022). Efektifitas Media Pembelajaran Game interaktif Berbasis Power Point Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD. Seminar Nasional Paedagoria, 2(1), 10–16. http://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/view/9749%0Ahttp://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/download/9749/pdf

Suani, T. (2022). … Pembelajaran IPS Tema 4 Tentang Kegiatan Ekonomi dan Hubungannya dengan Berbagai Bidang Pekerjaan, melalui Strategi Pembelajaran Index Card Match (ICM …. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah, 2, 689–695. http://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/673%0Ahttps://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/download/673/562

Trisniawati, T., Niswatul Muniroh, A. A., & Utaminingsih, R. (2021). Pengembangan Media Power Point Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 130–139. https://doi.org/10.21009/pip.352.5

Umi Hunafa, S., Yanthi, N., & Sutisna, M. R. (2022). Rancang Bangun Media Power Point Interaktif Pada Materi Zat Tunggal Dan Campuran Di Kelas V Sd. Educational Technology Journal, 2(2), 8–21. https://doi.org/10.26740/etj.v2n2.p8-21

Uswatun Khasanah, O., Ebi Praheto, B. E. P., & Supiyah. (2022). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Tematik Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Media Power Point Interaktif Pada Siswa Kelas Iii Sd Negeri Geneng 2 Magelang. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(2), 1339–1350. https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i2.11821

Yansaputra, G., & Pangestika, R. R. (2019). … Perangkat Pembelajaran IPS dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS SD. Jurnal …, April, 58–68. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1050091&val=15308&title=PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS SEKOLAH DASAR

Yuafian, R., & Astuti, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl). JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(1), 17–24. https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3216

Zahroh, N. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Terpadu Berbasis Aplikasi Freemind Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ips Di Jurusan Pgmi Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Uin Maulana Malik Ibrahim. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 1(2), 43. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v1i2.304

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Fatwa, S. N. (2023). Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Media Power Point Interaktif pada Siswa Kelas V SD. Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 8(2), 126–138. https://doi.org/10.32493/pekobis.v8i2.P126-138.35775

Issue

Section

Articles