Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Media Power Point Interaktif pada Siswa Kelas V SD

Authors

  • Syilvi Nurul Fatwa SD Negeri 2 Plawangan

DOI:

https://doi.org/10.32493/pekobis.v8i2.P126-138.35775

Abstract

Model pembelajaran PBL dalam proses pembelajaran IPS dengan menggunanakan bantuan fasilitas power point dapat meningkatkan kualitas dalam pembelajaran IPS di SDN 2 Plawangan. PTK ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran IPS di SDN 2 Plawangan. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, data diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi secara langsung di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran IPS mengalami peningkatan. Persentase keterampilan mengajar guru pada siklus I sebesar 77% dengan kategori Baik, meningkat menjadi 88% pada siklus II dengan kategori sangat baik. Persentase aktivitas siswa pada siklus 1 yaitu 75% dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II sebesar 86% dengan kategori sangat baik. Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I 67% dengan rata-rata 71,87. Pada siklus II meningkat mencapai 93% dengan rata-rata 84,33.

References

Abdillah & Shofi. (2021). Belajar Pembelajaran. Tangerang Selatan: Unpam Press

Arikunto, Suharsimi, dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Asniadarni. (2018). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPASiswa melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 103–112. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.103-112.

Fitrilia dkk., (2022). Implementasi Interactive Power Point Sebagai Media Pembelajaran Digital Dalam Meningkatkan Pemahaman Teori Suhu dan Kalor pada Siswa Sekolah Dasar. Injuratech, vol. 1, No. 2, h. 342-349.

Hasanah. (2020). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Power point Sebagai Media Pembelajaran Di SD Negeri 050763 Gebang. JPKM, Vol. 1, No. 2, Tahun 2020 p-ISSN. 2721-9895 e-ISSN. 2721-9887

Hendriana, E. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learningdan Gaya Belajar Auditorial terhadap Hasil Belajar IPSdi Sekolah Dasar. Jurnal Pendiidikan Dasar Indonesia, 3(1), 1 –8. https://doi.org/10.26737/jpdi.v3i1.484.

Kurniawan & Widiastuti. (2020). Media Pembelajaran Multi Media Interaktif EPIC 5C BERBASIS CBL. Jawa Barat: Widina.

Lestari, Sudarsri. (2018). Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Volume 2, Nomor 2 (hlm 94-100).

Meldina, T., Agustin, A.,& Harahap, S. H. (2020). Integrasi Pembelajaran IPS pada Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Institut Agama Islam Negeri Curup Sekolah Dasar Negeri 10 Pasaman PENDAHULUAN Pendidikan semestinya sudah dilakukan sedari dini yaitu dengan melakukan pendidikan dasar. Pada Undang-undang No. 4(1)

N. Jaslina Dkk. (2022). Pengembangan Media Ppt Interaktif Materi Perkalian Untuk Siswa Sd Kelas 2 Selama Masa Ppkm Darurat. Jurnal Tehnologi Pembelajaran Indonesia. Vol. 12, No. 1, P-Issn 2015-2797 E-Issn 2614-2015.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 26 Tahun 2006 tentang Standar Isi.

Ramlawati, Yunus, S. R., & Insani, A. (2017). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Jurnal Sainsmat, 1-14.

Rangkuti, Ahmad Nizar. (2016). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Ciptapustaka Media

Rusmono. (2014). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor : Ghalia Indonesia.

Yuafian & Astuti. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Riset Pendidikan Dasar. Vol. 3 No. 1 , P-Issn 2615-1723 E-Issn 2615-1766.

Downloads

Published

2023-11-30

Issue

Section

Articles