PENGARUH TAYANGAN IKLAN TELEVISI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SOFT DRINK MERK FANTA (STUDI KASUS PADA SISWA SMA NEGERI 1 TALUN BLITAR)

Authors

  • SAIFUL ANWAR

DOI:

https://doi.org/10.32493/pekobis.v2i2.P65-75.362

Abstract

Setiap perusahaan yang bergerak dalam dunia bisnis pasti menginginkan kesuksesan dalam usahanya. Pada dasarnya tujuan suatu bisnis adalah menciptakan para pelanggan yang terpuaskan melalui penjualan produk yang dihasilkan dengan mempertahankan, meningkatkan, berinovasi terbaik, menjaga kualitas dan kuantitas produk sesuai dengan permintaan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Deskripsi produk soft drink merek Fanta (2) Deskripsi siswa SMA Negeri 1 Talun Blitar, (3) Pengaruh tayangan iklan televisi secara langsung baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian  merek soft drink Fanta pada Siswa SMA Negeri 1 Talun Blitar. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif eksplanatory dengan menggunakan teknik regresi linear berganda, dengan pengambilan menggunakan propotionate random sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen yang berupa angket dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tayangan iklan televisi yang terdiri dari isi pesan (X1), struktur pesan (X2), format pesan (X3), dan sumber pesan (X4) dapat mempengaruhi 60,7 % keputusan pembelian  merek soft drink Fanta, dimana sisanya 39,3 % lainnya keputusan pembelian  dipengaruhi oleh variabel dan faktor lain diluar model ini.

 

Kata kunci: Tayangan Iklan Televisi, Keputusan Pembelian

Downloads

Published

2017-04-10

How to Cite

ANWAR, S. (2017). PENGARUH TAYANGAN IKLAN TELEVISI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SOFT DRINK MERK FANTA (STUDI KASUS PADA SISWA SMA NEGERI 1 TALUN BLITAR). Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 2(2), 65–75. https://doi.org/10.32493/pekobis.v2i2.P65-75.362

Issue

Section

Articles