ANALISIS PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL TERHADAP KEPUASAN GURU

Authors

  • FIKA RAHMANITA Pamulang University
  • PUTUT SAID PERMANA Pamulang University

DOI:

https://doi.org/10.32493/pekobis.v4i2.P29-40.3948

Keywords:

kepuasan kerja, kepemimpinan transaksional

Abstract

Kepuasan kerja adalah kondisi yang muncul akibat pekerjaan. Kepuasan kerja dapat berwujud kondisi yang positif maupun negative. Kondisi positif yang diakibatkan oleh pekerjaan dapat meningkatkan motivasi kerja karyawan dan menurunkan tingkat absensi karyawan. Tingkat resiko turn over dan ketidakdiskiplinan karyawan meningkat apabila kepuasan kerja yang ditimbulkan negative. Penelitian dilakukan untuk melihat dampak yang ditimbulkan pada kepuasan kerja karyawan oleh kepemimpinan transaksional. Metode survey dengan pendekatan kuantitatif digunakan. Guru di Tangerang Selatan digunakan sebagai sampel menggunakan analisis data SmartPLS. Kepemimpinan transaksional terbukti berpengaruh positif pada kepuasan kerja guru.

References

Bartol, K., & Martin, D.C. (1994). Management, 2nd edition, published by McGraw- Hill Inc.

Barbuto, J. E. (2005). Motivation and Transactional, Charismatic, and Transformational Leadership: A Test of Antecedents. Journal of leadership and organizational studies, 11(4), 26-40.

George, J.M., & Jones, G.R. (2008). Organizational Behavior. New Delhi: Pearson Publication.

Greenberg, J., & Baron, R. (2009). Behavior in Organizations (9th ed.). India: Pearson Prentice Hall Publication.

Judge, T. A., & Piccolo, R. F. (2004). Transformational and Transactional Leadership: A Meta-Analytic Test of Their Relative Validity. Journal of Applied Psychology.

Luthans, F. (2005). Organizational Behavior (10thed.).McGraw – Hill/ Irwin Publication.

Mondy, R. W., &Premeaux, S. R. (1995). Management (7th ed.). Englewood-Cliffs-New Jersey: Prentice-Hall.

Robbins, S. P., Judge, T. A. &Sanghi, S. (2007). Organizational Behavior. (12th ed.). India: Pearson: Prentice Hall.

Osborn, Schermerhorn, & Hunt (2008). Organizational Behavior (10thed.). USA: John Wiley & Sons, Inc.

Webb, K. S. (2003). Presidents‟ Leadership Behaviors Associated with Followers‟ Job Satisfaction, Motivation toward extra effort, and Presidential.

Dissertation, University Of NorthTexas, December, 2003. http://digital.library.unt.edu/ark:/67531.

Williams, C. R. (2009). Principle of Management (5thed.). USA: South-Western Cengage Learning.

Downloads

Published

2020-01-05

How to Cite

RAHMANITA, F., & PERMANA, P. S. (2020). ANALISIS PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL TERHADAP KEPUASAN GURU. Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 4(2), 29–40. https://doi.org/10.32493/pekobis.v4i2.P29-40.3948

Issue

Section

Articles