SOSIAL MEDIA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK UKM (Studi Kasus di SMESCO Jakarta)

Authors

  • HARDIAN MURSITO Pamulang University

DOI:

https://doi.org/10.32493/pekobis.v4i2.P41-47.3949

Keywords:

sosial media, penjualan, UKM

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui sosial media dalam upaya peningkatan penjualan produk – produk UKM 2) seberapa besar kontribusi sosial media dalam upaya peningkatan penjualan produk UKM. Berdasarkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini, yaitu mengetahui tentang hubungan antara variabel yang diteliti, maka penelitian ini merupakan penelitian korelasional yaitu mengukur kekuatan hubungan antara variabel yang menunjukkan hubungan sebab akibat Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah pelaku usaha yang terdaftar di SMESCO Jakarta dengan jumlah sampel 28 responden. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan regresi linear. Analisis regresi linear diperoleh Y = 23,83 + 0,43X artinya nilai b = 0,43 ternyata positif, maka tiap pertambahan atau peningkatan penggunaan media sosial yang efektif akan diimbangi dengan pertambahan penjualan.  Hasil dari penelitian ini adalah 1) terdapat pengaruh sosial media terhadap peningkatan penjualan, 2) terdapat kontribusi penggunaan sosial media sebesar 19 % dalam meningkatkan penjualan.

References

Dewi Praptiwi dan Irawan Senda. (2010). Cara Mudah Bagi UKM Mendobrak Kekuatan Bisnis. Jakarta : Kompas Gramedia.

Fahmi Gunawan, dkk. (2018). Religion Society dan Social Media Yogyakarta: Deepublish

Joko Salim, S.Kom, SE, CFP. (2011). Mengoptimalkan Blog Dan Sosial Media untuk Small Business. Jakarta. PT. Elex Media Komputindo.

Jubilee Enterprise. (2012). Facebook TimelineUntuk Jualan dan UKM. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Jubilee Enterprise. (2012). Facebook Untuk UKM (Usaha Kecil dan Menengah). Jakarta: Elex Media Komputindo.

Muljono Kristo Ryan. (2018). Digital Marketing Concept. Jakarta. Kompas Gramedia.

Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung. CV. Alfabetha

Downloads

Published

2020-01-05

How to Cite

MURSITO, H. (2020). SOSIAL MEDIA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK UKM (Studi Kasus di SMESCO Jakarta). Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 4(2), 41–47. https://doi.org/10.32493/pekobis.v4i2.P41-47.3949

Issue

Section

Articles