Pengaruh Penggunaan Metode Edutainment dalam Meningkatkan Kinerja Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMAN 21 Kabupaten Tangerang

Authors

  • Rusmaini Universitas Pamulang
  • Ade Holisoh Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/pekobis.v9i1.P11-20.40034

Keywords:

Metode Edutainment, Kinerja belajar Mata Pelajaran Ekonomi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (i) mengevaluasi rata-rata pembelajaran ekonomi sebelum dan sesudah tahap eksperimen, (ii) mengevaluasi penerapan metode pembelajaran di kelas XI SMAN 21 Kab Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy eksperiment. Sedangkan teknik analisisdata penelitian ini menggunakan uji paired t-test dan independent sample t-test. Berdasarkan hasil temuan dan pembahasan secara rinci, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Kelas yang menggunakan metode pembelajaran edutainment memiliki perbedaan kinerja belajar ekonomi pada saat sebelum dieksperimentkan dan setelah mendapatkan perlakuan eksperimen, (2) penggunaan metode edutaiinment dalam peneliitian meningkatkan pembelajaran hasil Siswa kelas XI SMAN 2 Kab. Tangerang. Dari hasil pemaparan penelitian, maka dapat diambil implikasi berupa: (1) Pemilihan metode pengajaran yang terbaik bias memberikan pengaruh terhadap proses belajar siswa, sehingga kinerja belajar ekonomi siswa kelas yang mendapatkan perlakuan dan kelas yang tidak mendapatkan perlakuan berbeda-beda tergantung jenis metode pembelajaran yang dipakai. (2) Temuan dari penelitian ini berguna untuk kepentingan pendidik dan peneliti lainnya. Pengembangan pribadi dikaitkan dengan pengajaran yang sangat baik dan prestasi siswa, dengan penekanan pada metode pengajaran yang tepat dan motivasi siswa untuk meningkatkan hasil utama siswa.

References

Aksakal, N. (2015). Theoretical View to The Approach of The Edutainment. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 186, 1232–1239. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.081.

Anderson, C. M. L. (2020). A Crash Course in Liberal Education: An Analysis of Civically Engaged Edutainment Videos. May. https://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=ddu&AN=B8074C72E3463297&site=ehost-live.

Istiqomah, N. (2019). DI KELAS VIII SMP BAITUL ARQOM BALUNG JUNI 2019.

Fauzan Ridlo. 2022. Implementasi Metode Edutainment Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas Iv di MI Ma’arif Nu Ajibarang Kulon Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Tesis. Purwokerto: Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

Juliansyah, Noor. 2014. Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Nur Alfyfadhilah Rusydi. 2017. Pengaruh Penerapan Metode Edutainment Dalam Pembelajaran Terhadap Kinerja belajar Ips Murid Sd Kartika Xx-I Kecamatan Mamajang Kota Makassar. Makasar: Universitas Negeri Makasar.

Pupuh F dan M. Sobry S 2016. “Pengaruh Metode Edutainment Terhadap Peningkatan Kinerja belajar Siswa Pada Materi Teknik-Teknik Dasar Memasak Di SMK Negeri 2 Godean Tahun Ajaran 2012/2013.” Skripsi. Yogyakarta: UNY.

Siti Maghfiroh. (2018). Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri 2 Sidoarjo Skripsi Oleh : Prodi Pendidikan Agama Islam.

SOPIANA, S., & RUSMAINI, R. (2021). Peningkatan Kinerja belajar Kognitif Siswa Melalui Variasi Mengajar Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Di Smp It Insan Harapan. Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 5(2), 76. https://doi.org/10.32493/pekobis.v5i2.p76-83.9645

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabet.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Rusmaini, & Ade Holisoh. (2024). Pengaruh Penggunaan Metode Edutainment dalam Meningkatkan Kinerja Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMAN 21 Kabupaten Tangerang. Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 9(1), 11–20. https://doi.org/10.32493/pekobis.v9i1.P11-20.40034

Issue

Section

Articles