Analisis Peningkatan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa PGSD melalui Penerapan Model CLIS
DOI:
https://doi.org/10.32493/pekobis.v9i1.P21-31.40091Keywords:
CLIS, LKS, KPS, IPAAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan menganalisis (1) ketercapaian KPS mahasiswa; (2) menguji perbedaan pada KPS mahasiswa yang menyelenggarakan model CLIS berbantuan LKS dan model ekspositori; (3) menganalisis kenaikan KPS mahasiswa setelah menyelenggarakan model CLIS berbantuan LKS. Penelitian memiliki pendekatan kuantitatif, dengan metodologi quasi eksperimen design Nonequivalent control group design. Populasi diambil dari seluruh mahasiswa semester II prodi PGSD UNPAM dengan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel 71 mahasiswa. Data dikumpulkan dengan pengamatan, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui statistika deskriptif dan statistika inferensial berupa one sample t test dan independent sample t test. Hasil penelitian adalah (1) tingkat KPS mahasiswa dengan model CLIS berbantuan LKS mencapai kategori terampil. (2) ada kesenjangan yang signifikan pada KPS mahasiswa antara yang menyelenggarakan model CLIS berbantuan LKS dan model ekspositori. (3) Kenaikan KPS mahasiswa yang menyelenggarakan model CLIS berbantuan LKS lebih besar daripada model ekspositori.
References
Abdillah, C., Linuwih, S., & Isnaeni, W. (2017). The Effectiveness of Model Learning Preser-X Assisted LKS Against Science Process Skills and Understanding Students Concept. Journal of Primary Education, 6(3), 192–199.
Anggara Dameis Surya, & Abdillah Candra. (2019). Metode Penelitian.
Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Dari, R. W., & Nasih, N. R. (2020). Analisis Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pada Praktikum Menggunakan E-Modul. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(2), 12–21. https://doi.org/10.23971/eds.v8i2.1626
Hasni, A., Bousadra, F., Belletête, V., Benabdallah, A., Nicole, M. C., & Dumais, N. (2016). Trends in research on project-based science and technology teaching and learning at K–12 levels: a systematic review. Studies in Science Education, 52(2), 199–231. https://doi.org/10.1080/03057267.2016.1226573
Idris, N., Talib, O., & Razali, F. (2022). Strategies in Mastering Science Process Skills in Science Experiments: a Systematic Literature Review. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(1), 155–170. https://doi.org/10.15294/jpii.v11i1.32969
Indriyani, D., Desyandri, D., Fitria, Y., & Irdamurni, I. (2019). Perbedaan Model Children’S Learning in Science (Clis) Dan Model Scientific Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(1), 627–633. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.216
Lepiyanto, A. (2017). Analisis Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Berbasis Praktikum. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 5(2), 156. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v5i2.795
Nuvitalia, D., Saptaningrum, E., & Patonah, S. (2021). Motivasi Sains Mahasiswa dalam Pembelajaran Konsep Dasar IPA Fisika melalui Virtual Laboratory. Jurnal Kualita Pendidikan, 2(3), 243–247. https://doi.org/10.51651/jkp.v2i3.152
Oktavianty, E., Silitonga, H. T. M., Marlina, R., Ridwan, I. M., & Dirsa, I. S. (2024). Critical Thinking Skills Enhancement: Implementation of CLIS Learning Models on Work and Energy. KnE Social Sciences, 2024, 1023–1032. https://doi.org/10.18502/kss.v9i13.16028
Resmi Novita Sari, D., Wardani, S., Mulawarman, M., Purwokerto Selatan, K., Tengah No, Jlg., Karangpucung, K., Selatan, K., & Banyumas, K. (2020). The Effectiveness of The Constructivist Learning Model Using Children Learning In Science (CLIS) Type in Improving Science Learning Outcomes. Journal of Primary Education, 9(5), 463–471. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe
Saputri, A. E., & Djumhana, N. (2020). Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Mahasiswa PGSD dalam Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 35. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.36019
Sele, Y. (2019). Optimizing the potential of children learning in science (clis) with brain gym: review on human circulatory concepts. Biosfer, 12(2), 238–248. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.v12n2.238-248
Utami, R., Sumarni, W., & Habibah, N. A. (2014). Efektivitas lembar kerja siswa (LKS) IPA terpadu tema pencemaran lingkungan terhadap penanaman nilai karakter dan pemahaman konsep. Unnes Science Education Journal, 3(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.