Peran Entrepreneurial Competence bagi Keberhasilan UMKM yang Berada di Wilayah Kuningan Timur Jakarta Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/pekobis.v9i1.P55-65.40148Keywords:
Entrepreneurial Competence, UMKMAbstract
Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mendeskripsikan peran Entrepreneurial Competence bagi keberhasilan UMKM di RT 001 RW 005, Kuningan Timur, Jakarta Selatan. Sampel penelitian ini terdiri dari 22 pelaku UMKM di RT 001 RW 005 yang bergerak dalam bidang kuliner. Metode penelitian yang digunakan adalah desktiptif kuantitatif. Untuk mengumpulkan data, digunakan angket dan studi dokumentasi. Data yang sudah terkumpul dilakukan analisis menggunakan pendekatan deskriptif secara teoritik dan menggunakan persentase. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa seluruh klaster (klaster inti, klaster manajerial, klaster etika) menunjukkan peran entrepreneurial competence dalam peningkatan keberhasilan bagi UMKM di RT 001 RW 005 Kuningan Timur Jakarta Selatan berada pada rentang 77-100 persen menunjukan kategori sangat tinggi. Namun, ada beberapa aspek yang masih rendah yaitu pada aspek manajerial keuangan berada pada rentang 26-51 persen. Hal tersebut masih banyak UMKM yang masih belum melakukan pengaturan dan pencatatan keuangan dengan baik terutama memisahkan keuangan usaha dengan keuangan pribadi. Kemudian para UMKM tersebut belum melakukan investasi dari laba yang diperoleh seperti membuka deposito.
References
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19.
Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659.
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503.
Jasmalinda. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Motor Yamaha Di Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 2199–2205.
Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Edmodo Dalam.
Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13–20. https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180
Ma, S. H. G., Parera, H. R., & Amrin, S. (2021). Kesiapan Guru Ekonomi Dalam Menghadapi Online Learning Di Kota Ende. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 33–46.
Meidatuzzahra, D. (2019). Penerapan Accidental Sampling Untuk Mengetahui Prevalensi Akseptor Kontrasepsi Suntikan Terhadap Siklus Menstruasi. Avesina, 13(1), 19– 23.
Nastiti, R., & Hayati, N. (2020). Pembelajaran Daring pada Pendidikan Tinggi: Tantangan Bagi Mahasiswa dan Dosen di Tengah Pandemi. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3(3), 378–390. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v3i3.145.
Palimbong, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Program Studi Pendidikan PKn Universitas Tadulako. Jurpis: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 17(2), 185–198.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19.
Biodik, 6(2), 214–224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759.
Saragih, S., Markus, T., Rhian, P., & Setiawan, S. (2021). Eksplorasi Kesiapan Dosen Dan Mahasiswa Menjalani Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 09(01), 124–141.
Sugandi, Fahmi., & Titin Suhaeni. (2019). Peran Kompetensi Kewirausahaan dalam Meningkatkan Kinerja Usaha pada Industri Kreatif Subsektor Kerajinan di Kota Bandung. Jurnal Administrasi Niaga Politeknik Negeri Bandung, 1374-1386.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.