Analisis Motivasi Belajar Siswa Ditinjau dari Perspektif Teori Belajar: Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Islam Riau

Authors

  • Nunuk Suryanti {SCOPUS ID : 57222127178); (Scholar ID : E7ZZTPEAAAAJ); (Sinta ID : 6652243)}, Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Fitria Jayanti Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.32493/pekobis.v9i1.P41-54.40198

Keywords:

Motivasi Belajar Siswa, Teori belajar

Abstract

Maksud penelitian ini untuk menganalisis motivasi belajar siswa ditinjau dari perspektif teori belajar. Desain penelitian memakai pendekatan kualitatif melalui pendekatan studi kasus pada 10 mahasiswa pendidikan akuntansi. Teknik pengambilan data menggunakan sebuah pertanyaam essai tentang pengalaman mahasiswa dalam mendapatkan motivasi belajar. Dari pengalaman tersebut kami menganalisisnya menggunakan teori-teori belajar seperti teori belajar kognitif dan humanistik. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa motivasi sangat penting dalam aspek pendidikan, terutama untuk melaksanakan proses pembelajaran. Esensi motivasi belajar adalah stimulus internal dan eksternal pada siswa-siswa yang tengah belajar untuk menyelenggarakan perubahan perilaku. Motivasi memungkinkan siswa untuk terus belajar dari awal. Agar lebih mudah dalam mempelajari dan menyerap apa yang telah dipelajari.

Memotivasi belajar siswa sebagai bentuk penerapan  teori belajar meliputi: 1) menjelaskan maksud pembelajaran kepada siswa, 2) meningkatkan keinginan belajar siswa, dan 3) evaluasi, 4) memberikan pujian dan hadiah, 5) menghukum, 6) mencipta kerjasama dan kompetensi. Banyak teori motivasi yang dikembangkan oleh para ahli. Jika dikaitkan dengan teori belajar kognitif, penganut kognitif fokus pada bagaimana seseoranng memproses fakta dan memberikan interpretasi terhadap situasi tertentu, sehingga proses berpikirlah yang mempengaruhi perilaku individu. Kaum humanis percaya bahwa manusia berlaku dalam situasi lingkungan dan memutuskan apa yang harus dilakukan, namun mereka lebih mementingkan proses umum pembangunan manusia, pengaktifan potensi, dan penghapusan hambatan terhadap pertumbuhan yang ada.

Author Biography

Nunuk Suryanti, {SCOPUS ID : 57222127178); (Scholar ID : E7ZZTPEAAAAJ); (Sinta ID : 6652243)}, Universitas Islam Riau, Indonesia

References

Asrori. (2020). Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner. Banyumas : CV. Pena Persada.

Djamarah, S.B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Fathurrohman, Pupuh & Sutikno M. Sobri. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.

Gage, N.L. & D. Berliner. (1984). Educational Psychology. Second Edition. Chicago: Rand McNally.

Hamjah, S. H. (2011). Methods of Increasing Learning Motivation among Students. Social and Behavioral Sciences 18 , 138-147.

Iskandar. (2009). Psikologi Pendidikan: Sebuah Orientasi Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Kusumadyahdewi. (2019). Pentingnya Motivasi dalam Pembelajaran Akuntansi sebagai Dasar Manajemen Keuangan Pribadi. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial) 3(2):130. DOI:10.18860/jpips.v3i2.6860.

Magelinskaitė, Š. (2014). Relationship between social competence, learning motivation, and school anxiety in primary school. Social and Behavioral Sciences 116 , 29362940.

Muhammad. (2017). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87–97.

Nurhidayah, Dkk. (2017). Psikologi Pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 1–179.

Parno, P., Yuliati, L., Hermanto, F. M., & Ali, M. (2020). A Case Study on Comparison of High School Students’ Scientific Literacy Competencies Domain in Physics with Different Methods: Pbl-Stem Education, Pbl, and Conventional Learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(2), 159–168. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i2.23894

Purwanto, R. (2011). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Sistem Koordinasi Melalui Metode Pembelajaran Teaching Game Team Terhadap Siswa Kelas XI IPA SMA Smart Ekselensia Indonesia Tahun Ajaran 2010-2011. Jurnal Pendidikan Dompet Duafa edisi 1.

Rahyubi, Heri. (2012). Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Jawa Barat: Referens.

Sanjaya, Wina. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Simarmata, A. A. (2013). Hubungan antara Motivasi Belajar dan Kecemasan pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Udayana, 1(1).

Slavin, R.E. (2000). Educational Psychology: Theory and Practice. Sixth Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Thoifuri. (2013). Menjadi Guru Inisiator. Semarang: Media Campus Publishing.

Uno, H. (2015). Teori Motivasi dan Pengukuran. Gorontalo: Bumi Aksara.

Uno, Hamzah B. (2006). Orientasi Baru dalam Psikologi Perkembangan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wasty. (2006). Psikologi Pendidikan Landasan Kerja Pemimpin. Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Winkel. (2010). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Suryanti, N., & Jayanti, F. (2024). Analisis Motivasi Belajar Siswa Ditinjau dari Perspektif Teori Belajar: Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Islam Riau. Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 9(1), 41–54. https://doi.org/10.32493/pekobis.v9i1.P41-54.40198

Issue

Section

Articles