ANALISIS PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSI DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi pada PT BANK BTN Cabang Ciputat)

Authors

  • PRIEHADI DHASA EKA

DOI:

https://doi.org/10.32493/pekobis.v2i3.P65-76.666

Abstract

ABSTRAKS

Tujuan penelitian ini disebabkan penelitian-penelitian sebelumnya menunjukkan hasil yang berbeda-beda, sehingga perlu adanya penelitian yang kembali mengkaji tentang pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosi dan kepemimpinan terhadap kinerja karyawan.

Penelitian ini dilakukan di PT. BANK BTN Cabang Ciputat. Terdapat 100 responden yang telah dipilih sebagai sampel dengan menggunakan teknik pengambilan sampel berupa random sampling. Metode pengambilan data adalah dengan menggunakan kuesioner dan tes IQ. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda.

Peneliti menemukan bahwa seluruh hipotesis dalam penelitian ini telah terbukti secara signifikan. Kecerdasan intelektual, kecerdasan emosi dan kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Variabel yang memiliki pengaruh paling besar adalah kecerdasan emosi. Implikasi pada penelitian ini adalah kecerdasan intelektual, kecerdasan emosi dan kepemimpinan memiliki peran yang sama penting baik secara individu atau secara bersama-sama dalam meningkatkan kinerja karyawan.

 

Kata kunci: Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosi, Kepemimpinan dan Kinerja Karyawan

Downloads

Published

2017-05-13

How to Cite

EKA, P. D. (2017). ANALISIS PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSI DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi pada PT BANK BTN Cabang Ciputat). Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 2(3), 65–76. https://doi.org/10.32493/pekobis.v2i3.P65-76.666

Issue

Section

Articles