ANALISIS PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN LABA Sudi Pada perusahaan non bank yang tergabung dalam kelompok LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010- 2014”

Authors

  • Hasudungan - Pangaribuan Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/pekobis.v1i4.P1-16.721

Abstract

ABSTRAK

 

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh variabel Working Capital to Total Asset (WCTA), Current Liabilities To Inventory (CLI), Operating Income to Total Assets (OITL), Total Asset Turnover (TAT), Net Profit Margin (NPM) dan Gross Profit Margin (GPM) terhadap pertumbuhan laba.

Data diperoleh dengan metode purposive sampling dengan kriteria (1) Perusahaan non bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang masuk ke dalam penghitungan indeks LQ45 periode Agustus 2014 sampai dengan Januari 2015, (2) Perusahaan non bank yang konsisten ada selama periode penelitian (2010 sampai dengan 2014), (3) Perusahaan non bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang menyediakan data laporan keuangan selama periode penelitian (2010 sampai dengan 2014) dan (4) Perusahaan non bank tidak menghasilkan laba negatif selama periode 2010 sampai dengan 2014, dan (5) Perusahaan non bank yang data-data keuangannya menghasilkan distribusi normal (tahun 2010 sampai dengan 2014).

Hasil analisis menunjukkan bahwa data-data yang digunakan didalam penelitian ini telah memenuhi asumsi klasik, yang meliputi: tidak terjadi gejala multikolinearitas, tidak terdapat autokorelasi, tidak terjadi gejala heteroskedastisitas, dan data terdistribusi normal. Dari hasil analisis regresi menunjukkan bahwa variabel Working Capital to Total Asset (WCTA), variabel Total Asset Turnover (TAT), Net Profit Margin (NPM) secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap pertumbuhan laba dan variabel Current Liability to Inventory (CLI) secara parsial berpengaruh negatif signifikan terhadap pertumbuhan laba.  Sedangkan, Operating Income to Total Assets (OITL) dan Gross Profit Margin (GPM) tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba. Keenam variabel yang digunakan dalam penelitian ini (WCTA, CLI, OITL, TAT, NPM dan GPM) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba. Kemampuan prediksi dari keenam variabel secara simultan adalah sebesar 0,000.

Kata kunci: Working Capital to Total Asset (WCTA), Current Liabilities To Inventory (CLI), Operating Income to Total Assets (OITL), Total Asset Turnover (TAT), Net Profit Margin (NPM), Gross Profit Margin (GPM) dan pertumbuhan laba.

Downloads

Published

2017-11-22

Issue

Section

Articles