PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA CV SUSU CERIA KIDS DI KOTA DEPOK
DOI:
https://doi.org/10.32493/pekobis.v1i4.P118-130.727Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui biaya promosi, jumlah penjualan dan pengaruh biaya promosi (sebagai variabel X) terhadap penjualan (sebagai variabel Y) pada CV Susu Ceria Kids di Kota Depok. Rancangan hipotesis penelitian ialah H0:rxy=0, bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan antara x dan y; dan Ha:rxy≠0, bahwa terdapat pengaruh signifikan antara x dan y. Pengujian hipotesis dilakukan dengan membandingkan nilai t-hitung (th) koefisien korelasi x dan y (rxy) dengan nilai kritis t-tabel (tt) maka H0 ditolak, Ha diterima dan sebaliknya apabila th<tt maka H0 diterima, Ha ditolak.
Metode penelitian yang digunakan pada tulisan ini ialah metode kuantittaif asosiatif (korelatif) sedangkan pengolahan data kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik. Populasi dan sampel penelitian ini ialah data laporan keuangan CV Susu Ceria Kids periode tahun 2012 sampai dengan tahun 2016.
Berdasarkan hasil analisis korelasi pearson’s product moment diperoleh koefisien korelasi rxy =0,867 dengan koefisien determinan Kd= 82,63%, uji hipotesis;th=3.88>tt=2.57 (dua arah) dan persamaan regresi y=-341.14 + 8.46 X. Ini dapat dijelaskan bahwa nilai konstanta dari persamaan regresi di atas, yakni sebesar 341.14, nilai konstanta merupakan nilai konstan atau nilai tetap jika diasumsikan biaya promosi bernilai 0, sehingga apabila diasumsikan demikian, maka penjualan produk tetap pada 341.14, selain nilai konstanta, dari persamaan regresi di atas juga diketahui nilai koefisien regresi, yaitu sebesar 8.46, nilai ini menggambarkan besarnya kenaikan biaya promosi naik Rp.1.000.000, maka penjualan naik Rp. 8.460.000
Kata Kunci: Biaya Promosi terhadap penjualan