STUDI KOMPARASI KEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL TWO STAY TWO STRAY DAN MODEL NUMBER HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

Authors

  • HERI INDRA GUNAWAN Universitas Pamulang
  • SYAHRUL ANWAR Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/pekobis.v5i1.P8-14.9476

Keywords:

Model Pembelajaran, TSTS, NHT,

Abstract

Perbandingan model ini sangat diperlukan untuk mengetahui perbandingan model Two Stay Two Stray dengan Model Number Head Together terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Maja. Tujuan pada Penelitian ini untuk mengetahui perbandingan model Number Head Together dan model Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar IPS Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Maja. Penelitian ini menggunakan metode Quasy Eksperimen tipe Non Equivalen Control Group Design uji coba penelitian ini adalah kelas VIII dengan sampel yang ditentukan yaitu 2 kelas. Untuk kelas Eksperimen dan kelas Kontrol dengan jumlah 50 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen butir soal. Teknik pengumpulan data dengan cara tes, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah 1) Uji Prasyarat yang terdiri dari Uji Normalitas dan Uji Homogenitas 2) Uji Hipotesis Terdiri dari Uji Paired Sampel T Test dan Uji Independent Sampel T Test dan juga dilakukan 3) Uji Keabsahan instrumen dengan cara uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran butir soal, daya beda, dan analisis butir soal. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar IPS setelah diajar menggunakan model Two Stay Two Stray mendapatkan hasil rata-rata 80,64 dan model Number Head Together mendapatkan hasil rata-rata 80,80, hal ini ditunjukan terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

References

Gunawan, Heri Indra. 2012. Pengaruh Penggunaan Metode Two Stay Two Stray (TS-TS) Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga Semester II Tahun Ajaran 2011/2012. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Kristen Satya Wacana.

Nurhayat 2016. Perbandingan Model kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan Think Pair Share Terhadap Hasil belajar IPS Siswa kelas V SD Negeri 10 Metro Pusat Fakultas Keguruan dan ilmu pendidikan Universitas lampung.

Rusdiana Risa 2017 Penerapan Metode pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Depok Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta

Santoso, Singgih. 2014. Panduan Lengkap SPSS Versi 20 Edisi Revisi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sugiyono, 2015. Metode Peneliian Pendidikan. Bandung: Alfabet.

Downloads

Published

2021-02-11

How to Cite

GUNAWAN, H. I., & ANWAR, S. (2021). STUDI KOMPARASI KEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL TWO STAY TWO STRAY DAN MODEL NUMBER HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS. Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 5(1), 8–14. https://doi.org/10.32493/pekobis.v5i1.P8-14.9476

Issue

Section

Articles